150 Pasutri di Aceh Selatan Jalani  Itsbat Nikah.

MMGN – TAPAKTUAN – Sebanyak 150 pasangan suami istri (Pasutri) dari beberapa kecamatan  di Kabupaten Aceh Selatan  menjalani Itsbat Nikah, berlangsung  di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Rabu (26/6/2019).

Itsbat nikah terlaksana atas kerjasama antara   Dinas Syariat Islam  (DSI) Aceh dengan DSI Aceh Selatan, Kantor Kementerian Agama dan Mahkamah Syariah serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh  Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan Tgk Amran, Forkopimda, Kepala DSI Aceh  Dr. EMK. Alidar  S. Ag  M. Hum, para kepala SKPK, dan para saksi dari masing – masing pasutri yang menjalani itsbat nikah.

Plt Kepala DSI Aceh Selatan Ustadz Indra Hidayat S.Ag M.Ag menyebutkan, maksud dan tujuan itsbat nikah ini  tidak lain adalah untuk memberikan legalitas hukum berkaitan tentang nikah yang harus diakui oleh negara.

“Pelaksanaan itsbat nikah ini diikuti sebanyak 150 pasutri. Kegiatan ini berkemungkinan akan berlangsung selama dua hari,” sebutnya. 

Ia menuturkan, kegiatan isbat nikah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016 dijalani oleh  50 pasutri. Kemudian setelah itu tahun 2017 juga dijalani 50 pasutri.

“Pada tahun 2018 sebanyak 50 pasang. Tahun 2019 ini Pemprov Aceh melalui DSI Aceh memberi bantuan sebanyak 150 pasang,” jelasnya.

Dalam arahannya, Wabup Tgk Amran mengatakan, bahwa kegiatan itsbat nikah demi mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan ketetapan identitas hukum masyarakat.

“Dengan adanya program ini akan memungkinkan untuk memiliki akta nikah sebagai bukti adanya perkawinan yang sah dan akta kelahiran sebagai bukti kelahiran anak – anak mereka. Maka dengan demikian semoga impian dan harapan mereka menjadi kenyataan memiliki dokumen resmi pernikahan,” ucapnya. (MS)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *