169 WBP Lapas Idi Peroleh Remisi Umum

Aceh Timur – MMGN |Pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tepatnya Senin 17 Agustus 2020, sebanyak 169 Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP) Lapas Kelas IIB Idi mendapat remisi umum, yang berlangsung di Aula Lapas Idi, senin, 17/8/2020.

Berlangsungnya Upacara Pemberian Remisi Umum di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun turut dihadiri Forkopimda Aceh Timur Bupati Aceh Timur H.Hasballah Bin M. Thaib, SH melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan Syarizal Fauzi,S.STP, M.AP, Ketua DPRK,
Kapolres Aceh Timur Dandim 0104 Kajari Idi, Kepala Pengadilan Negeri Idi serta unsur Muspika Idi

Acara pemberian remisi bagi WBP Lapas IIB Idi dilakukan secara pertama kali di Indonesia melalui media Video Conference, sesuai dan mentaati protokol kesehatan selama pandemi COVID-19 dan Serentak di seluruh Indonesia.

Bupati Aceh Timur H.Hasballah H.M.Thaib SH melalui Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Timur menyerahkan remisi kepada 169 warga binaan lapas Kelas IIB

Dalam sambutannya Syahrizal Fauzi, mengatakan, Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 adalah puncak dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Hari Kemerdekaan ini harus disyukuri oleh segenap lapisan masyarakat, termasuk para warga binaan, sebab hari ini sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan PP No 99 Tahun 2012 dan Keputusan Presiden RI NO 174 Tahun 1999 tentang Remisi, warga binaan akan diberikan remisi atau pengurangan pidana,.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Timur memberikan apresiasi terhadap warga binaan permasyarakatan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik. Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Perbaikan itu, tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin, lebih produktif, dan dinamis

Kepala Lapas Kelas IIB Eka Priyatna, Bc,Ip, S.Sos, M.Si. bersama awak media, menyampaikan bahwa pemberian remisi umum untuk warga binaan lapas dikelas IIB Idi secara Virtual dipimpin langsung oleh Bapak Kemenkumham,

Jadi terkait Lapas Kelas IIB Idi sekarang binaan 365 Warga binaan, dari jumlah tersebut yang kita usulkan memenuhi syarat untuk memperoleh remisi sejumlah 172.

Selanjutnya sampai hari ini yang turun SK nya mempunyai hak remisi 169 dari 169 yang mempunyai, ada 3 orang yang mendapat remisi umum ada yang 2 orang begitu dia dapat langsung bebas.

Perlu diketahui bersama permasalahan itu dilapas Warga binaan itu masih ada didalam menjalani subsider masa kurungan pidana pokoknya habjs sudah selesai dengan remisi ditahun ini.

Sekarang ada 3 warga binaan sedang menjalani Subsider.untuk menjalani masa kurungan setelah itu kembali kepada masyarakat.

Eka Priyatna menguraikan kegiatan-kegiatan berbentuk perlombaan yang telah dadakan di Lapas Idi,

Dalam rangka memeriahkan acara HUT RI Ke-75 Tahun 2020 ini, untuk Lapas Idi kita telah adakan perlombaan seperti terlihat saat pembagian hadiah tadi, dan perlombaan terbagi atas 2 katagory, sebut Eka Seperti perlombaan pembinaan jasmani jenis kegiatan olah raga futsal, tenis meja, voly dan sebagainya.

Selanjutnya katagory pembinaan bersifat kerohanian, keagamaan dalam bentuk lomba azan serta lainnya kegiatan Lapas Idi dalam rangka Hut Ri ke-75 .

Pada intinya kegiatan tersebut adalah penyerahan remisi oleh Menteri Hukum dan Ham yang dilakukan sesuai Virtual SK remisi diserahkan oleh Bapak Bupati Aceh Timur dan unsur Forkopimda menyerahkan /menyaksikan remisi kepada Warga Binaan Lapas Kelas IIB dengan bentuk Remisi Umum paling rendah I bulan paling tinggi 6 bulan tutupnya.