288 BACALEG IKUTI UJI MAMPU BACA ALQUR’AN DIKOTA SUBULUSSALAM

 
SUBULUSSALAM-MMGN| Uji mampu baca Alqur’an adalah salah satu persyaratan bagi Bacaleg di Aceh, yang diatur dalam peraturan/Qanun Aceh, jadi semua Bacaleg,yang beragama Islam wajib mampu membaca Alqur’an, dan bukan haya untuk Bacaleg,malah sebagai syarat untuk Kepala desa juga wajib,seterusnya untuk calon Kepala daerah,dan lain lain.

Sebanyak 288 bakal calon legislatif (bacaleg) Subulussalam mengikuti uji mampu baca Alquran, sebelum ditetapkan menjadi calon anggota DPRK periode 2019-2024.

Pantauan media MMGN Rabu, 25 Juli 2018, uji baca Alquran digelar oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam di tiga lokasi berbeda, yakni Masjid Agung, Masjid Al-Munawarrah dan Masjid As-Silmi di Kecamatan Simpang Kiri, kota Subulussalam,dan acara ini dilakukan selama dua hari, yakni, 25,dan 26,Juli 2018.

 Sekretaris KIP Kota Subulussalam, Asmardin, S.H., M.H., mengatakan uji mampu baca Alquran dilakukan yang diikuti sebanyak 288 bacaleg yang diusung 17 partai politik, Nasional maupun Lokal.

Beliau menjelaskan, pelaksanaan uji mampu baca Alqur’an ini digelar oleh KIP kota Subulussalam, dan bekerja sama dengan LPTQ, MPU,dam Kemenag kota Subulussalam, sebagai juri, dan merekalah sebagai penentu, mampu tidaknya seorang Bacaleg baca Alqur’an, atau lulus atau tidak bagi peserta Bacaleg, sebelum ditentukan nanti jadi Calon tetap.

Komisioner KIP Kota Subulussalam, Arman Bako, menambahkan uji baca Alquran melibatkan sebanyak 288 bacaleg membacakan surah Al-Baqarah dengan ayat berbeda ditentukan oleh dewan juri.

Hasil uji baca Alquran akan disampaikan pada Jumat 27 Juli atau empat hari menjelang berakhirnya masa perbaikan berkas bacaleg, 31 Juli,yang akan datang.

“Jumlah bacaleg seluruhnya adalah 289,orang, dikurangi satu karena non-Muslim, berarti yang mengikuti uji baca Alquran adalah sebanyak 288 orang bacaleg,” kata Arman Bako, jadi setelah diumumkan hasilnya 27Juli, 2018,maka ketahuanlah siapa yang mampu dan tidak baca Alqur’an.
(Saran)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *