Aceh Selatan Masih Steril Dari Wabah Virus  Corona. 

 

MMGN – ACEH SELATAN – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita SE M.Kes menyatakan, saat ini wilayah Kabupaten Aceh Selatan masih steril atau negatif  dari penyebaran wabah Virus Corona (Copid19).

Hal itu ia sampaikan saat konferensi  pers yang berlangsung di Markas Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Aceh Selatan, Jalan Teuku Cut Ali, Tapaktuan, Jum’at (20/3/2020) sore.

Konferensi pers tersebut juga turut dihadiri Direktur BLUD RSUD YA Tapaktuan, dr.Erizaldi M.Kes Sp.OG, Sekretaris BPBD Aceh Selatan, Suhardi SE, Kepala Puskesmas Meukek, Drg. Dede Rinaya, dan Kabid P2P Dinkes Aceh Selatan, Sri Meldha S.KM.

“Untuk sementara saat ini Kabupaten Aceh Selatan masih steril, oleh karena itu masyarakat jangan cepat panik mendengar isu – isu yang beredar di luar,” ujar Novi Rosmita.

Kendati sebelumnya, lanjutnya, ada sejumlah warga Aceh Selatan dinyatakan Orang Dalam Pengawasan (ODP) namun itu bukan akibat Copid19, melainkan mengalami demam tinggi.

“Untuk kasus di Meukek bukan di rujuk karena Covid19 tetapi karena demam tinggi. Alhamdulillah, informasi yang kita terima setelah ditangani di rumah sakit, saat ini pasien telah pulih,” ucapnya.

Ia mengatakan, dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona, pihaknya telah mensiagakan petugas medis di masing – masing Puskesmas.

“Kami harapkan media berperan aktif dalam menyampaikan informasi yang benar terkait virus corona ini, jangan sampai salah informasi kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Direktur BLUD RSU YA Tapaktuan dr. Erizaldi menyebutkan, petugas BLUD RSUD YA Tapaktuan tetap stanbay menangani pasien tanpa mengenal status penyakit yang dideritanya.

“Petugas kita tetap stanbay dan tidak pilih – pilih pasien, yang perlu kita jaga jangan sampai terpapar. Walau timbul kekhawatiran, namun semua itu kita lakukan dengan niat tulus membantu masyarakat,” sebutnya. (MUS)