BNNP Aceh kembali gelar Kegiatan Group Therapy ke 4 Layanan Pasca Reguler Tahap I

Banda Aceh, Seksie pascarehabilitasi BNNP Aceh melaksanakan kegiatan Group Therapy 4 dalam rangka layanan pascarehabilitasi reguler (rawat jalan) tahap I tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 – 12.00 wib di aula Rumah Damping BNNP Aceh Jln. Turi Utama Dusun Beuringin Desa Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh, Rabu, (07/3/2018)

Pemateri atau fasilisator pada kegiatan Group Therapy tersebut adalah Kasi Pascarehabilitasi BNNP Aceh Saiful, S.Pd dengan materi “Life Skill Education (kecakapan / keterampilan hidup)”.

Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, M.H. yang diwakili oleh Kasi Saiful, S.Pd dalam paparannya menyampaikan bahwa life skill merupakan berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berprilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan, memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif.

Saiful memeneruskan Adapun tujuan keterampilan hidup agar kita dapat melindungi diri dari berbagai resiko dan ancaman sehingga kita bisa hidup dengan baik dalam mencapai cita-cita.

Lebih lanjut Saiful, S.Pd menjelaskan berbagai jenis keterampilan hidup diantaranya keterampilan fisik, mental, emosional, spiritual, kejuruan/vocasional dan keterampilan menghadapi kesulitan.

Group Therapy ke 4 ini merupakan kegiatan terkhir dari program layanan pascarehabilitasi reguler tahap I yang mana sebelumnya telah dilakukan pertemuan/kegiatan dengan klien sebanyak 7 kali pertemuan yaitu group therapy sebanyak 4 kali, seminar pengembangan diri sebanyak 2 kali dan famili suport group sebanyak 1 kali pertemuan.

Pada kesempatan tersebut Program manajer layanan pascarehabilitasi reguler Shinta Rosita, ST menyatakan bahwa program pascarehabilitasi ini bertujan mempersiapkan para penyalahguna dan/atau pecandu yang telah selesai menjalani program pascarehabilitasi mampu menjalani proses reintegrasi ke masyarakat, memiliki pola hidup yang sehat, mandiri, produktif dan berfungsi sosial.

Kabid Rehabilitasi BNNP Aceh Sayuti, M.Kes saat dikonfirmasi mengenai kegiatan tersebut melalui telpon seluler mengatakan “melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan klien yang sudah selesai mengikuti program pascarehabilitasi reguler agar dapat melanjutkan ke program rawat lanjut pascarehabilitasi BNNP Aceh”.

Di akhir kegiatan seluruh peserta/klien dilakukan pemeriksaan urin oleh konselor layanan pascarehabilitasi reguler (Suhaimi Rizal dan Nasrullah). Dari hasil pemeriksaan urin maka dinyatakan seluruh klien/peserta bebas dari penggaruh zat.

Pelaksana layanan pascarehabilitasi reguler Nasrol, SKM menyampaikan bahwa sebelum dimulainya kegiatan group therapy ke 4 terlebih dahulu klien disuguhkan dengan pemutaran film terkait dengan keterampilan hidup. Dengan pemutaran film tersebut dapat menginspirasi dan memotivasi klien dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan dapat belajar banyak hal terutama tentang keterampilan hidup (life skill) serta mampu menyajikan pesan-pesan yang jelas kepada peserta/klien tentang hal-hal yang pantas atau patut di tiru.