Bupati Ramli Membuka MTQ Ke 34 Kabupaten Aceh Barat

Meulaboh – MMGN |Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Aceh Barat ke 34 tahun 2019 resmi dimulai, Minggu(23/7/2019) sore yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS di lapangan bola kaki desa Meutualang Kecamatan Panton Reu.

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS dalam sambutannya menyampaikan tujuan utama dilaksanakan MTQ adalah untuk menumbuh kembangkan kecintaaan umat kepada Al Qur’an sehingga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H. Ramli MS menekankan pentingnya adab dalam membaca dan mendengarkan Al-Qur’an. “Sekarang banyak orang, ketika Al-Qur’an dibacakan banyak orang masih berbicara, ini penting dipahami bahwa perbuatan seperti itu tidak boleh dilakukan” katanya.

Bupati juga mengatakan bahwa Kecamatan Panton Reu adalah Kecamatan yang istimewa karena di kecamatan tersebut terdapat makam Teuku Umar dan juga ada Qur’an Wangi, “maka jagalah marwah daerah ini, jangan berbuat onar dalam pelaksanaan di ajang MTQ ini” tegasnya. Bupati juga meminta kepada Satpol PP dan WH untuk menjaga keamanan dan ketertiban jalannya MTQ tersebut, dan Bupati akan memberikan bonus kepada Satpol PP dan WH apabila berhasil menjaga ketentraman dan keamanan MTQ tersebut. “insya Allah pada tahun 2020 di lokasi MTQ ini akan kita bangun Stadion Sepakbola dan akan kita lakukan pengaspalan hotmix, tahun 2020 akan dialokasikan dana 19 milyar untuk Kecamatan Panton Reu, semua ini kita lakukan untuk membalas jasa rakyat” katanya.

Sebelummnya Ketua Panitia Pelaksana kegiatan MTQ Kabupaten Aceh Barat Marhaban, SE mengatakan MTQ tersebut diikuti oleh 440 orang kafilah yang berasal dari 11 Kecamatan, dan memusabaqahkan 8 cabang perlombaan diantaranya, Tilawatil Quran, Qira’ah Sab’ah, Tahfidzul Qur’an, Khattil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Musabaqoh Makalah Qur’an dan tafsir Qur’an dan akan berlangsung dari tanggal 23 s/d 28 juni 2019.

Sementara itu Camat Panton Reu Zakaria, SE dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi untuk menumbuhkan kembangkan rasa cinta kepada Al- Qur’an sehingga cita-cita mewujudkan Aceh Barat negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur dapat terwujud. Zakaria juga meminta kepada masyarakat Panton Reu untuk menyambut dan melayani kafilah dari 11 Kecamatan dengan baik.

Prosesi pembukaan ditandai dengan penabuhan rapai oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS bersama Wakil Bupati H. Banta Puteh Syam dan unsur Forkopimda lainnya.

Sebelumnya juga digelar defile pawai kafilah MTQ dari 11 kecamatan Aceh Barat, pelantikan dewan hakim, dan penyerahan piala bergilir dari Kecamatan Meureubo selaku juara umum MTQ ke-33.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *