Desa Paya Gaboh Bagi BLT Dana Desa Perdana di Idi Tunong

 

Aceh Timur – MMGN |BLT Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin di pedesaan yang bersumber dari Dana Desa. Besaran bantuan yang akan diterima oleh masyarakat adalah Rp. 600.000,00 perbulan/keluarga selama bulan April sampai Juni. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PPDT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, PPDT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Tujuannya adalah membantu masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari selama pandemi Covid-19

Selanjut di Aceh Timur tepatnya di Desa Paya Gaboh Selasa,19/5/2020, liputan awak media tentang pembagian BLT Dana Desa untuk Masyarakat secara perdana bagi Kecamatan Idi Tunong yang bertempat di Posko Penanggulangan COVID-19 Paya Gaboh

Camat Idi Tunong Baihaki,S.Ag pada kesempatanya menyampaikan bahwa hari ini diDesa Paya Gaboh telah melaksanakan Pembagian BLT Dana Desa dan ini adalah yang perdana di kecamatan Idi Tunong, selanjutnya menyusul Desa Seuneubok Buloh yang hari ini juga dibagi mungkin selesai acara disini juga serta desa lainnya segera menyusul sebutnya

Baihaki menjelaskan pembagian BLT untuk masyarakat itu semuanya 3 bulan saja, yaitu terhitung mulai April,Mei dan Juni 2020, dengan /keluarga Rp. 600.000 x 3 bulan yaitu jumlahnya.Rp.1.800.000. serta untuk sementara di desa Paya Gaboh selaku desa perdana baru dapat mencairkan BLT sebanyak 2 bulan, yaitu /keluarga 600.000 X 2 Bulan dengan nilai Rp. 1.200.000 rata-rata /keluarga. Serta sisa 1 bulan lagi yaitu untuk bulan Juni 2020, jadi semuanya hari ini dibagi untuk 34 /keluarga saja sebutnya.

Berlangsungnya pembagian BLT Dana Desa di Paya Gaboh tersebut Baihaki selaku Camat Idi Tunong sangat mengapresiasi kepada Perangkat Desa ditempat tersebut, beliau berharap agar kinerja perangkat desa dapat ditingkatkan, serta kepada masyarakat penerima bantuan tersebut berpesan agar bantuan ini benar -benar bermanfaat untuk penanggulangan kebutuhan keluarga sementara waktu, kiranya membantu dalam persiapan menjelang hari Raya Idul Fitri.

Acara pembagian BLT Dana Desa untuk masyarakat secara Perdana di Paya Gaboh turut hadir Tim Muspika, Seperti Camat, Kapolsek,Danramil, Perangkat Desa, Tuha Peut Pendamping PKH, TKSK, Babinsa, Babinkamtibmas, serta Tim Monitoring TA ID PM3D Aceh Timur. Termasuk pendamping desa.

Disamping itu Keuchik Paya Gaboh Salihun menyampaikan ke awak media bahwa pembagian BLT Dana Desa untuk Masyarakat hari ini kita laksanakan berdasarkan hasil musyawarah desa dan verifikasi yang ketat sebelumnya, artinya bagi yang telah menerima bantuan PKH maupun Sembako itu dan lainnya itu tidak boleh, tegasnya.

Salah satu penerima bantuan BLT dana desa Saiful menyebutkan bahwa, dalam pembagian Dana tersebut itu dibagi dan saya terima semuanya sebesar Rp. 1.200.000, selama 2 bulan secara utuh berarti perbulan Rp. 600.000 tanpa ada pemotongan sepeser pun, dan saya sangat berterima kasih kepada pemerintah, selanjutnya kami menunggu mungkin akhir bulan Juni 1 bulan lagi 600.000, jadi totalnya Rp. 1.800.000 Semuanya.