Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Aceh Timur, Adakan Pelatihan Anyaman

MMGN – Idi | Kepala Dinas Perindustrian, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Timur Drs. Zulbahri, M.Ap, Membuka Acara ” Pelatihan Diversifikasi Anyaman Pandan bagi 20 Peserta mulai tanggal 07 s/d. 11 Oktober 2019 di Aula Dinas Perindustrian setempat.

Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan, Anyaman Pandan di Aceh Timur telah dikenal luas di tingkat Provinsi maupun disetiap even/pameran baik yang diadakan Dekranasda dan pameran lainya kita selalu tonjolkan anyaman pandan sebutnya.

Zulbahri menyampaikan juga berbagai Aneka Produk kerajinan Aceh yang telah dihasilkan oleh pengrajin – pengrajin terampil Aceh Timur seperti tikar besar maupun kecil, sandal, kotak tisu, serta juga alas piring dan bermacam aneka kerajinan souvenir lainnya.

Beliau menambahkan” kita selaku Pemerintah salalu berdiri untuk mendampingi Masyarakat Pengrajin anyaman pandan, hari ini kita lakukan Pelatihan bagi Masyarakat agar lebih meningkatkan produksinya lebih rapi, lebih cantik dalam berkemas sehingga dipasaran nantinya banyak peminat dan mempunyai daya saing lebih tinggi.

Pemasaran maupun stock kerajinan berbentuk Souvenir Aceh ini beliau mengatakan “kita sediakan diKantor Dekranas Kabupaten Aceh Timur, serta kelompok- kelompok itu sendiri yang memasarkan melalui pameran – pameran dan mereka mempunya izin sendiri, kita sifatnya hanya membantu mempromosikan saja ucapnya.

Untuk meningkatkan pengrajin anyaman pandan kesetiap pelosok -pelosok Aceh Timur, tidak berfokus pada satu tempat saja, akan tetapi tergantung kemampuan Daerah seperti yang dikutip dari Kepala Dinas Perindustrian, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Timur, kita tidak terfokus pada satu Kecamatan, dan kita juga memetakan persoalan -persoalan , Kecamatan mana yang mempunyai bahan bakunya ya kita beri pelatihan, bisa saja ada di Kecamatan Idi Rayeuk, Idi Timur, maupun Perlak.

Zulbahri berharap dengan diadakan Pelatihan ini, agar Pengrajin – pengrajin Souvenir kerajinan Aceh lebih sukses dan dapat meningkatkan taraf hidup serta membantu mendongkrak ekonomi keluarganya masing – masing harapnya. ( pon 76)