Duta HRD Dari Aceh Ikut Workshop di Bandung, Gerbang Tani Ucapkan Terima Kasih

Banda Aceh – MMGN |Ketua Dewan Pengurus Wilayah Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan (GERBANG TANI) Provinsi Aceh, Faisal Ridha, S.Ag., M.M menyampaikan terimakasih kepada H. Ruslan M. Daud, SE (HRD) Anggota DPR RI Dapil Aceh 2 atas upayanya meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah Aceh.

Faisal Ridha menyebutkan bahwa pemberangkatan pelaku usaha ke Lembang Bandung Jawa Barat ini merupakan hasil ikhtiar HRD, “Beliau yang meminta kepada Kemnaker agar Workshop kewirausahaan dapat memprioritaskan untuk pelaku usaha dari Aceh.”

“HRD mengusulkan 30 orang untuk mendapatkan modal usaha dan pelatihan untuk peningkatan kapasitas, dan Alhamdulillah semuanya dikabulkan pada Tahun Anggaran 2020, namun pelatihan dilakukan secara bertahap,” kata Ketua Gerbang Tani Aceh.

Delegasi yang kemudian disebut dengan Duta HRD ini masing-masing terdiri dari 3 (tiga) orang Peternak Kambing dari Kecamatan Jangka, Peusangan dan Samalanga Kabupaten Bireuen, 1 (satu) Teknisi IT dari Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar dan 1 (satu) Pelaku Usaha Pengolahan Hasil Pertanian dari Kecamatan Bandar Raya Kota Banda Aceh.

‘HRD meminta kepada kami, Gerbang Tani Aceh agar melakukan pembinaan yang serius terhadap semua inkubasi bisnis yang telah mendapatkan pelatihan ini selama seminggu,” lanjut Faisal.

Faisal menambahkan, hal ini dilakukan agar “Workshop kewirausahaan Jaring Pengaman Sosial tahap IV” yang dilaksanakan Kemnaker RI dari 24 s/d 28 Desember 2020 di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK) Lembang Bandung Barat Jabar bisa berdampak positif terhadap pengembangan usaha jangka Panjang.

Lebih lanjut Faisal menerangkan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu bagian dari implementasi program hilirisasi sektor pertanian, perikanan dan sumber daya pesisir.

“Kegiatan ini dikuti 183 peserta dari 25 Provinsi di Indonesia. Sedangkan dari Aceh, untuk tahap ini diwakili oleh lima orang peserta pelaku inkubasi bisnis yang tergabung di bawah binaan Gerbang Tani Aceh dan Insya Allah dalam waktu dekat akan diberangkatkan lagi sekitar 22 Duta HRD, sebut Faisal Ridha yang juga Wasekjen Dewan Pengurus Nasional Gerbang Tani.

Pada kegiatan ini, para peserta diberikan pembekalan tentang menajemen Inkubasi bisnis dengan materi-materi yang berhubungan dengan kewirausahaan seperti membentuk bisnis baru, manajeman usaha, mengelola keuangan, membuat kemasan dan lebel terhadap sebuah produk, mendapatkan legalitas usaha dan izin edar, teknik pemasaran. Peserta juga dibawakan langsung ke lapangan tempat inkubasi bisnis Ciburial Lembang Bandung Barat Jabar.

Senada dengan itu, peserta dari Aceh juga ikut berterimakasih kepada anggota DPR-RI Dapil Aceh 2 H. Ruslan M. Daud yang telah memfasilitasi mereka untuk bisa bergabung dalam program yang dilaksanakan oleh Kemaker RI pada gelombang IV ini.

“Kami berharap ke depannya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, karena ilmu yang didapat pada saat pelatihan sangat bermanfaat bagi para peserta untuk menjalankan inkubasi bisnis di masa depan,” kata Zahrul, salah seorang peserta dari Aceh.