FK-BUMN Aceh Dukung Program P4GN

MMGN, Banda Aceh – Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si didampingi oleh Kabag Umum dan Para Kabid BNNP Aceh, menerima Kunjungan silaturahmi Ketua FK-BUMN Aceh dan beberapa Pimpinan BUMN di Provinsi Aceh.

 

Pertemuan ini membahas terkait upaya sinergitas antara FK-BUMN dengan BNN Provinsi Aceh dalam melaksanakan Program Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Provinsi Aceh.

 

Pertemuan tersebut berlangsung penuh keakraban dan mematuhi Protokol Kesehatan. Yang berlangsung di Ruang Kerja Kepala BNNP Aceh, Selasa 15 September 2020.

 

Kepala BNNP Aceh Heru Pranoto M.Si menyampaikan, Inpres No 2 Tahun 2020 telah menyebutkan aksi P4GN yang harus dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga, termasuk BUMN. Dimana aksi yang harus dilakukan berupa adanya kegiatan sosialisasi, tes urine, pembentukan penggiat dan lahirnya regulasi.

 

Dukungan anggaran dapat digunakan melalui anggaran bina lingkungan yang tersedia di masing masing BUMN. “Aturannya sangat jelas dari Inpres, lalu Permen, hingga keputusan direksi. Jadi jika dimanfaatkan untuk P4GN tidak akan jadi masalah,” ujarnya.

 

Selain itu, ada juga program P4GN yang bersifat khusus seperti pemberdayaan alternatif. Program GDAD alih fungsi lahan ganja, desa bersinar, atau pilot project BNNP Aceh berupa lahan percontohan pertanian.

“Tentunya ini bisa dibantu secara urunan oleh BUMN,” jelasnya.

 

Pada kesempatan tersebut, FK-BUMN Aceh menyatakan siap mendukung upaya P4GN bersama BNN Provinsi Aceh. Ketua FK BUMN Ferry Hariawan menyampaikan, sebagian BUMN telah melaksanakan aksi P4GN berupa sosialisasi dan tes urine. Untuk itu pihaknya akan mendorong keterlibatan dan peran serta lebih luas lagi. Secara khusus, ada dua BUMN yang diminta untuk membantu P4GN yang sudah ditetapkan oleh kementerian yaitu AirNav dan Telkom.

 

Dalam pertemuan tersebut, BUMN yang hadir yaitu Pegadaian Syariah, PLN UIW Aceh, POS, BRI dan BRI Syariah, Air Nav, dan Bank Mandiri. Dalam pertemuan itu disepakati kedepannya  akan dilakukan MoU antara kedua belah pihak, dalam waktu dekat ini(SDM)