Gelombang Besar di Tapaktuan, Rumah Warga Terancam Ambruk.

 

MMGN – ACEH SELATAN – Gelombang besar menerjang bibir pantai Gampong Gunung Kerambil, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Akibatnya, dari sejumlah rumah yang berada ditepi pantai hanya enam rumah warga terancam ambruk.

“Gelombang tinggi ini sudah terjadi sejak Rabu sore kemarin, menyapu bibir pantai yang dekat dengan rumah warga. Bahkan, enam rumah warga yang berada tepat bibir pantai terancam rubuh akibat abrasi yang terus menghantam ke daratan,” ucap Wisfina (Panglima Laot Teupin) Gampong Gunung Kerambil kepada Media MegaNusantara, di lokasi, Kamis (9/4/2020).

Wisfina menyebutkan, gelombang musim barat ini diprediksi sangat lama musimnya. Jika dibiarkan enam rumah warga yang berada dibibir pantai terancam akan ambruk.

Kondisi ini telah disampaikan berulang kali kepada Pemerintah Aceh Selatan untuk dapat dibangun tanggul pemecah ombak sepanjang 400 M dikawasan bibir pantai laut gunung Kerambil.

“Sebagai antisipasi, masyarakat melakukan gotong royong mengisi pasir dalam karung untuk menahan terjangan ombak agar tidak sampai mengikis dapur rumah warga. Kita harapkan kepada Pemerintah Aceh Selatan tahun ini segera membuat tanggul dibibir pantai Gampong Gunung Kerambil,” harapnya. (MUS)