Hut Ke 72 Aceh Selatan,di Meriahkan Seruan Sikap Bersama Masyarakat Dalam P4GN

MMGN. Tapaktuan I- Dalam rangka menyambut hari jadi ulang tahun (Hut) Ke-72 Pemkab Aceh Selatan, mendapat sambutan meriah oleh Masyarakat Aceh Selatan dan sekitarnya.

Adapun di dalam kegiatan Hut ke 72 turut di meriahkan seruan peryataan sikap oleh masyarakat Aceh Selatan, dalam  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang berlangsung di Lapangan Naga, Kecamatan Tapaktuan,Minggu (24/12/2017) pagi.

T. Ariefin Asmara, SH. MH selaku Ketua Presidium Masyarakat Aceh Selatan pada wartawan mengatakan, Dia memberikan apresiasi positif kepada masyarakat Aceh Selatan dan Pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan terhadap Pelaksanaan seruan bersama.

“Penandatanganan kain putih sepanjang 72 meter ini oleh Masyarakat Aceh Selatan,adalah komitmennya terhadap  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Aceh Selatan dan sekitar. Sudah saatnya pemkab melaksanakan pembanhgunan moral masyarakat, tidak hanya pembangunan fisik semata,karna pembangunan fisik dan moral masyarakat harus dilakukan berbarengan agar pondasi bangsa, anak-anak bangsa terjaga,” katanya.

Sebab,Kepedulian pemerintah harus sejak dini kepada putra putri Aceh Selatan.Apalagi,Pembangunan masyarakat seutuhnya melibatkan berbagai stake holder dan dapat dilakukan dari berbagai dimensi kehidupan.

“Karna masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya juga mempunyai hak dan tanggung jawab dalam hal P4GN sesuai perintah Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika khususnya pasal 104 dan 105,” ujarnya.

Lanjutnya,Dalam kegiatan Hut Ke 72 Aceh Selatan ini juga di meriahkan Acara Funbike/Fun walk yang  dilakukan oleh pemkab Aceh Selatan sendiri dan bekerjasama dengan Serambi Indonesia.Kegiatan  Penandatanganan seruan Bersama  perang terhadap Narkoba di Aceh Selatan atau dengan sebutan populer “ Kota Pala “ ini setelah usai acara
Funbike/funwalk di laksanakan.

Sementara,Kadispora Aceh Selatan Syamsul Rizal mengatakan,dari sejumlah kupon yang beredar dipastikan sepuluh ribu peserta Funbike/Funwalk akan memenuhi jalanan kota Pala dan dengan semangat membangun dan menyatakan dirinya perang terhadap Narkoba.

“Dapat dipastikan rangkaian kegiatan yang memeriahkan Hut Ke 72 Aceh Selatan, akan menggelora membakar semangat terhadap kepedulian semua pihak untuk mencetak generasi Bangsa bebas dan bersih dari barang Haram seperti Narkoba,” katanya.

Pada kesempatan lain Sekretaris Daerah Pemkab Aceh Selatan  Nasjuddin, SH juga menyampaikan,di dalam hari jadi Kabupaten Aceh Selatan yang Ke 72 ini dengan semangat empat lima akan menyukseskan deklarasi Anti Narkoba di Kota Pala ini menuju Aceh Selatan bersih Narkoba.

“Kita berharap semua masyarakat secara bersama-sama bahu membahu untuk mensosialisasikan P4GN ini baik kepada anak didik, Mahasiswa, Pemuda kaum Ibu dan masyarakat umumnya, agar kedepan tidak ada lagi komponen bangsa ini yang tidak mengetahui bahaya penyalah gunaan Narkoba terutama masyarakat jangan terkecoh dengan iming-iming imbalan besar uang yang diperoleh agar mereka bisa menjadi kurier narkoba,” ucapnya.

Lanjutnya,Semua masyarakat harus tau narkoba itu adalah barang Haram dan bertentangan dengan hukum dunia dan akhirat serta bahaya yang sangat berakibat fatal bagi korban yang sudah kecanduan.

“Harapan kita, mereka yang sudah menjadi korban narkoba dapat direhabilitasi secara medis dan sosial,” harapnya.

Terpisah,Nurul Akmal, SE.MM yang juga salah seorang tokoh perempuan bagian dari Presedium  Masyarakat Aceh Selatan dan sekitarnya peduli P4GN menyatakan, setelah dukungan masyarakat terhadap P4GN yang dituangkan dalam bentuk tanda tangan pada hari ini dan dilanjutkan pada tanggal 28 Desember ini secara bersama melaksanakan Deklarasi Anti Narkoba.

“Dan kita harapkan agar semua pelaksanaan ini berjalan dengan baik dan sukses. Terima kasih atas kerjasama yang baik kepada Pemkab Aceh Selatan, BNNP Aceh, Polres Aceh Selatan, dan Dinas Pendidikan Aceh Selatan,” ujarnya.

Hal senada juga di sampaikan H. T.Sama Indra selaku Bupati Aceh Selatan juga mengharapkan kepada instansi terkait di Aceh Selatan agar benar-benar  serius dalam program  P4GN.

“Ini merupakan komitmen kita dalam melaksanakan pembangunan manusia seutuhnya demi keturunan anak cucu kita dimasa yang akan datang.Kita akan upayakan memasukkan materi P4GN terintegrasi dalam kurikikulum pendidikan dalam bentuk Peraturan Bupati Aceh Selatan,” ungkapnya. 

Dalam amatan wartawan,Gerakan 10.000 tanda tangan dukungan Masyarakat Aceh Selatan sekitarnya, dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba yang digelar di Stadion  Olah Raga Tapak Tuan berjalan sukses.Terlihat antusiasme masyarakat aceh selatan dalam membubuhkan tanda tangannya tanda Anti dan siap memerangi Narkoba,(YS).