Ibrahim Pelapor Dugaan Ijazah Palsu TPG Panton Merbo, Aceh Timur Berharap Pihak Penegakan Hukum Lebih Bersinergi

 

Aceh Timur – MMGN |Kekecewaan terlihat dari Wajah Pelapor Ibrahim Bin M. Hasan Seorang pria berasal dari Desa Panton Merbo Darul Ihsan Aceh Timur terkait dugaan ijazah palsu yang disandang oleh Sdr Ismail M. Amin untuk menjabat sebagai TPG Panton Merbo.

Ibrahim bin M . Hasan saat bersama awak media, kamis (6/8) menyampaikan bahwa persoalan di desanya yang belum selesai mulai tahun 2019 adalah tentang SK.Tuha Peut Gampong (TPG) Panton Merbo itu ada unsur cacat hukum, dikarenakan salah satu TPG berinisial Ismail M. Amin diduga memakai Ijazah Aliyah bukan miliknya


Foto Surat Pemberitahuan dari Depag Tentang Kepemilkan Nomor Induk 4174

Ibrahim menjelaskan bahwa saya juga telah pernah meminta bantuan hukum dari pihak Yayasan Advokasi Rakyat Aceh ( YARA) di tahun 2019, dengan hasil terang disampaikan kesaya berdasarkan surat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, nomor B-1308/KK.01.02/PP .00.7/4/2019 tanggal 2019. Perihal Pemberitahuan kepada Pihak YARA Banda Aceh tentang Status Ijazah an Ismail M. Amin foto kopi Ijazah nomor induk 4174 yang ada dikementerian Agama Aceh Timur adalah milik an. Muhammad Dani, kelahiran Idi,15/10/1986.

Berbagai jalur telah ditempuh Oleh Ibrahim Bin M Hasan terkait TPG didesanya, agar dapat diluruskan sebaik mungkin

Selanjutnya Ibrahim melapor kepada Polres Aceh Timur, yang tercatat LP / 107/X/2019/SPK tanggal 22 oktober 2019.

 

 

Selanjutnya Polres Aceh Timur menyurati Ibrahim Bin M. Hasan dengan nomor SP2HP / 205/VIII/RES.1.9/2020 / Reskrim, tentang Surat Pemberitahuan Perkembangan hasil Penyidikan (SP2HP) Ke empat.

Foto Surat SP2HP yang dterbitkan oleh Polres Aceh Timur kepada Ibrahim Bin M. Hasan

Bersamaan dengan waktu terus berjalan Ibrahim Bin M. Hasan memperlihatkan foto Ismail M Amin Selaku TPG Panton Merbo, sedang melakukan pengembalian Ijazah yang bermasalah kepada pihak penyelenggara pendidikan.

Hasil demi hasil tentang asal usul mengenai Ijazah yang disandang selama ini oleh Ismail M. Amin telah menemui titik terang seperti yang disebutkannya, akan tetapi Ia heran kenapa SK.TPG Panton Merbo yang ditanda Tangani Oleh Bupati Aceh Timur, masih belum diCabut. Ada apa ini semua tuturnya.

Ibrahim juga telah pernah menelusuri perkara tersebut sampai ke Kejaksaan Negeri Idi sesuai hasil yang disampaikan oleh Polres Aceh Timur, sebagaimana tertuang dalam SP2HP, dengan keterangan tidak memenuhi syarat.

Apalagi syaratnya bernada tegas Ibrahim, apa semua dokumen-dokumen ini semua tidak cukup untuk diproses.

Saya dalam hal ini mengapresiasi juga kinerja pihak Polres Aceh Timur yang telah bersusah payah menyidik terkait laporan dari saya, imbuhnya.

Ibrahim berharap persoalan ini segera dapat dituntaskan oleh pihak- pihak terkait, secara baik sehingga konsentrasi kinerja Pemerintah Gampong serta kelembagaan TPG didesanya dapat berjalan sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku.