JADI SEKOLAH MODEL, SMA NEGERI 1 TAUPAH BARAT ADAKAN SOSIALISAISI SPMI

SIMEULUE – MMGN I Sejak tahun 2016, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) telah menggulirkan suatu program bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan memilih beberapa sekolah baik SD, SLTP dan SLTA sederajat untuk menjadi Sekolah Model bagi pengembangan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI).

Sekolah model juga harus mampu menjadi acuan bagi beberapa sekolah imbas disekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri seperti menerapkan siklus penjaminan mutu pendidikan secara sistematik, holistic dan berkelanjutan.

Sebagai salah satu sekolah model di Kabupaten Simeulue, SMA Negeri 1 Teupah Barat melakukan Sosialisasi dan Pelaksanaan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) tahun 2018 terhadap beberapa sekolah imbas. (02/11/2018)

Ketua Panitia Pelaksana, Nursyam S.pd,Gr menginformasikan bahwa sosialisasi akan dilaksanakan selama satu hari dan diisi oleh pemateri dari LPMP Provinsi Aceh serta dihadiri oleh peserta baik dari sekolah model maupun sekolah imbas yaitu SMA Negeri 2 Teupah Barat, SMA Negeri 4 Teupah Selatan, SMA N 2 Teluk Dalam, SMA Negeri 2 Simeulue Tengah dan SMA Negeri 2 Simeulue.

“nanti kegiatannya seharian disini, diisi olah pak Mulyadi dari LPMP Provinsi Aceh dan dihadiri oleh peserta dari sekolah kita (SMAN 1 Teupah Barat-red) dan sekolah imbas ” kata Nursyam

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Teupah Barat Syahril.S,S.Pd, Menyampaikan bahwa disatu sisi sebagai sekolah model tentu hal ini menjadi nilai positif bagi sekolah, namun di sisi lain menjadi sekolah model menjadi tantangan tersendiri dalam mempertahankan mutu dan kualitas dari pelaksanaan belajar mengajar di satuan Pendidikan.

“menjadi sekolah model tidaklah mudah bapak/ibu sekalian, mengingat bagaimana nantinya kita punya komitmen menjaga mutu pendidikan di sekolah bisa tetap baik bahkan terus meningkat untuk menjadi contoh bagi 5 sekolah imbas lainnya” kata Syahril dalam sambutannya

Syahril menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi dilaksanan untuk memberi informasi dan menciptakan hubungan dengan komitmen antara sekolah model dan imbas terkait penyelengaraan kegiatan di satuan pendidikan.

“kegiatan ini bertujuan memberikan infromasi dan penguatan komitmen dengan sekolah imbas yang ada” tambah Syahril

Senada dengan Syahril, Zakaria, S.Pd Selaku pengawas SMA negeri 1 Teupah Barat juga menyampaikan yang sekaligus menjadi harapannya bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan SPMI adalah untuk memberikan pemahaman bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan baik yang ada di sekolah model maupun di sekolah imbas.

“dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bapak/ibu (peserta-red) nantinya akan memahami terkait pelaksanaan SPMI dengan baik ” kata Zakaria saat membuka cara sosialisasi. (SI)