Jajaki Bantuan Program Kawasan Rawan Narkoba, BNNP Aceh Kolaborasi Dengan Pertamina

MMGN – Banda Aceh, Memasuki tahun 2020, BNNP Aceh melalui Plt Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP Aceh Suharmansyah, S.Sos dan Humas BNNP Aceh Khairul Fuad, SKM mulai menjajaki peluang kolaborasi program sosial masyarakat dan program lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bersama PT Pertamina Aceh, Senin (6/1/2020).

Hubungan baik antara BNNP Aceh dengan FK-BUMN Aceh sudah terjalin sejak tahun 2019 dengan sangat baik. Dimana selama koordinasi dan silaturahmi dengan FK-BUMN Aceh, diketahui bahwa FK-BUMN Aceh siap berkolaborasi/bersinergi dan bekerjasama dengan BNNP Aceh dalam upaya P4GN di Provinsi Aceh.

“Terkait hal tersebut, kiranya perlu ditingkatkan hubungan baik yang selama ini sudah terjalin dari kedua belah pihak (FK-BUMN Aceh dengan BNNP Aceh) ditahun 2020 ini dan tahun tahun berikutnya, melalui sinergitas atau kolaborasi kegiatan sebagai wujud keseriusan FK-BUMN Aceh dalam upaya P4GN di Provinsi Aceh” ujar Fuad, Humas BNNP Aceh selaku penghubung kerjasama/sinergitas antara FK-BUMN Aceh dengan BNNP Aceh dalam upaya P4GN yang terjalin selama ini.

Sementara, Plt. Kasi Dayamas BNNP Aceh, Suharmansyah mengatakan di tahun 2020 ini diharapkan adanya kerjasama program CSR dari PT Pertamina Aceh untuk di kolaborasikan dengan Program BNNP Aceh terkait upaya P4GN di Aceh.

“Mungkin ada CSR PT Pertamina yang dapat kita kolaborasikan dengan BNNP Aceh dalam upaya P4GN” ujar Arman.

Arman melanjutkan, ada 64 kawasan rawan di Aceh yang menjadi fokus program kedepan. BNNP Aceh berharap Pertamina dapat membantu mendukung program-program ketrampilan bagi masyarakat.

“Kami berharap bisa dapat satu kampung yang dibina oleh PT Pertamina Aceh,” ucapnya.

PT Pertamina sebagai salah satu BUMN yang bergabung dengan Forum Komunikasi BUMN (FK-BUMN Aceh) yang bergerak di bidang perminyakan dan gas ini diketahui memiliki program corporate sosial responsibility (CSR). Yang selama ini telah banyak menyalurkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Fokus kita tahun ini masih tetap dibidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat,” ucap Sales Area Manager PT Pertamina Ferry Pasalini, kepada Arman dan Fuad diruang kerjanya.

Ferry menyatakan, pihaknya membuka peluang kolaborasi dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Namun, keputusan program tidak berada di PT Pertamina Aceh. “Nanti di Pertamina Region (Medan) diputuskan, bukan dikita,” jelasnya.

Namun begitu, pihaknya tentunya akan membantu mengkomunikasikan kepada pimpinan terkait rencana kolaborasi program dalam upaya P4GN tersebut.

Sebagai tindak lanjut, kedepan BNNP Aceh melalui Seksi Pemberdayaan Masyarakat akan segera menyampaikan Proposal Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat kepada Pihak Pertamina sebagai mana yang dimintakan oleh Pimpinan Pertamina Aceh Ferry Pasalini. Kemudian dalam waktu dekat, BNNP Aceh akan melakukan koordinasi langsung dengan Ketua FK-BUMN Aceh Ferry Hariawan terkait upaya P4GN di Provinsi Aceh