Keuchik Bunin Harapkan, Jaringan Komunikasi Maksimal

MMGN – ACEH TIMUR |Jaringan telekomunikasi adalah rangkaian perangkat telekomunikasi dan kelengkapannya yang digunakan dalam melakukan aktivitas telekomunikasi.

Untuk maksud tersebut Desa Bunin
Merupakan suatu daerah pedalaman di Aceh Timur, sangat mengharapkan keberadaan Jaringan telekomunikasi hadir ditengah – tengah masyarakat, adalah sebuah harapan tentunya bagi mereka sampai saat ini.

Keuchik Gampong Bunin Mustakirun menyampaikan kepada awak media rabu,23/10/2019, Saya dan beserta masyarakat Bunin, yang ada di sekitar khususnya Kecamatan serbajadi, sangat mengharap bisa di bangun tower telekomunikasi, agar kami yang di kemukiman bunin dapat berkomunikasi ke Ibu kota guna untuk memperlancar hubungan demi pembangunan Gampong kami, Karna kami yakin dengan lancarnya berkomunikasi bisa cepat proses membangun, sebagaimana harapan tentunya.

Berdasarkan atas konfirmasi tersebut awak media mencoba menelusuri akan hal menyangkut kebutuhan telekomunikasi didaerah dimaksud, dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi ( Diskominfo) Kabupaten Aceh Timur, Khairul Rijal,SE,AK,M.Si, beliau menyambut baik akan hal tersebut dan menyampaikan bahwa Jaringan telekomunikasi penyedia pihak swasta, seperti telkomsel, indosat, mereka yang membangun tower, agar daerah dapat terjangkau jaringan seluler, jadi kita Diskominfo hanya bisa memfasilitasi.

Jika ingin mengajukan permintaan jaringan telekomunikasi, telkom seluler bisa memberikan data, misalnya jumlah kk, jumlah penduduk, titik lokasi atau titik koordinat, semuanya kepada Bapak Camat, nanti Bapak Camat bisa mengumpulkan berapa Gampong, yang menurut lingkungan Kecamatannya itu tidak terjangkau dan menyampaikan kepada Bapak Bupati Aceh Timur, nanti bisa Diskominfo memfasilitasi dengan penyedia, operator seluler.

Khairul Rijal menambahkan, untuk jaringan internet bisa cepat, jika pemerintah gampong menganggarkan dana gampong untuk membeli satelit internet, misal produk telkom ” Mangosky” layanan berbasis satelit dari telkom, dengan harga taksiran 22 juta sekian, langsung membeli alatnya, seperti parabola langsung bisa dipasang, kegunaanya bisa untuk berkomunikasi, bisa mengirim gambar, video, bahkan program Dpmg yaitu Aplikasi Siskeudes dapat sangat terbantu kiranya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Aceh Timur, sangat mengapresiasi atas usulan tersebut, dan beliau menggambarkan bahwa dengan adanya dana desa dapat kiranya dikelola oleh Bumg dan menjadi suatu pendapatan untuk Gampong, dan bermanfaat sekali bagi Masyarakat.

Pihak Diskominfo Kabupaten Aceh Timur, siap bekerjasama lintas sektor maupun berbagai pihak, demi pembangunan kawasan daerah pedalaman atau tertinggal dibidang informasi dan komunikasi.(pon)