Komplotan Perampok Berhasil Dibekuk Polisi Aceh Selatan.  

 

MMGN – ACEH SELATAN – Kepolisian Resort  (Polres) Aceh Selatan berhasil membekuk lima pelaku perampokan di rumah Mawardi (52), warga Gampong Padang Asahan, Kecamatan Pasie Raja.

 

Lima pelaku perampokan tersebut yakni, SR (33) asal Gampong Padang, Kec. Tapaktuan, Kab. Aceh Selatan, MR  (44) asal Gampong Kandang Belang Mandiri, Kec. Lawe Bulan, Kab. Aceh Tenggara.

 

Selanjutnya, AS  (40) asal Gampong Kandang Blang Mandiri, Kec. Lawe Bulan, Kab. Aceh Tenggara, dan SB (69), asal Gampong Kandang Blang Mandiri, Kec. Lawe Bulan, Kab. Aceh Tenggara.

 

Sedangkan satu pelaku perampokan berinisial, IS  (34) asal Lawe Sagu Hulu,  Kab. Aceh Tenggara, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dan meninggal dunia usai melawan petugas saat penangkapan.

 

Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis (5/12/2019) mengatakan, pelaku perampokan ini beraksi pada tanggal 2 Desember 2019 pukul 02.30 WIB di rumah korban Mawardi, warga Gampong Ujung Padang Asahan Kecamatan Pasie Raja.

 

“Pada hari dan tanggal tersebut, dua orang anak korban sedang tidur di ruangan TV sedangkan korban beserta isteri dan anak korban paling kecil di dalam kamar,” katanya.

 

Kopolres melanjutkan, sebelum masuk kedalam rumah, para pelaku terlebih dahulu mencongkel jendela samping rumah dengan menggunakan linggis dan langsung masuk kedalam rumah dan melakukan penyekapan kepada anak – anak korban dengan lakban.

 

“Selain itu, juga mengikat tangan dan kaki dengan tali, selanjutnya pelaku  mengatakan “jangan teriak” sambil menggunakan parang,” ungkapnya.

 

Kemudian para pelaku meminta kepada anak korban untuk menunjukkan kamar korban yang selanjutnya pelaku mengetuk – ngetuk pintu kamar korban dan korban bertanya “ada apa nak”.

 

Korban mengira yang mengetuk pintu itu adalah anaknya. Namun, pada saat korban membuka pintu kamar, pelaku yang diduga berjumlah 7 orang itu langsung masuk ke dalam kamar dan menodong korban dan istri korban dengan parang.

 

“Barang – barang yang diambil pelaku dari korban, berupa uang Rp 40 juta, emas kalung dan anting – anting sebanyak 4 mayam, hand phone sebanyak 4 unit, rokok sebanyak 10 slop dan jam tangan 2 buah.

 

“Pasal yang diterapkan kepada pelaku perampokan ini, pasal 363 ke 3e, 4e, dan e 5e Jo pasal 365 ayat (1) jo ayat (2) KUHPidana. Jika diterangkan dalam no 3e disertai dengan salah satu hal yang tersebut ke 5e, maka dijatuhkan hukuman penjara selama – lamanya sembilan tahun penjara. Saat ini keempat pelaku diamankan di Polres Aceh Selatan. Sedangkan dua pelaku lainnya melarikan diri dan masih dalam pencarian,” pungkasnya. (MUS)