Miliki 805 KK Calon Penerima BLT DD, Gampong Neuheun Kesulitan Masalah Dana

 

Aceh Besar – MMGN | Gampong Neuheun mengelar rapat perivikasi penerima bantuan tunai dana desa. Kegiatan rapat perivikasi ini berlansung hari senin 18/5/2020 dimulai pukul 22.30 Wib hingga selesai pukul 03.30 Wib menjelang sahur yang bertempat di Meunasah Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten AcehBesar.

Rapat yang di pimpin lansung oleh Bapak Keucik Faizan, dan dihadiri oleh para kepala- kepala dusun, ketua – ketua komplek, para tuha peut, ketua – ketua blok dalam komplek dan tokoh – tokoh masyarakat dalam gampong.

Dalam pantauan awak media kegiatan rapat perivikasi ini berjalan secara demokratis, terbuka dan para peserta rapat aktif memperivikasi para penerima bantuan tersebut. Satu – persatu nama ditampilkan dan sisebutkan jika ada calon penerima BLT DD tidak berhak menerima langsung dicoret.

Adapun nama – nama yang dicoret tersebut seperti masyarakat penerima PKH, BPNT, PRO ABES, Pegawai Negeri, pekerja tetap yang menerima gaji bulanan yang normal serta masyarakat yang di anggap mampu.

Bapak keucik Faizan dalam pembukaan rapat menyampaikan bahwa BLT DD adalah bersumber dari dana desa yang memang atas arahan pusat bisa digunakan dalam masa darurat Copit 19.

Malam ini kita duduk bersama untuk memperivikasi data – data yang sudah diberikan dan kita harapkan para kepala dusun, kepala komplek dan ketua blok betul – betul memasukkan warga yang memang pantas menerima serta jangan sampai ada warga tidak dimasukkan.

Beliau juga menyampaikan bagi warga yang sudah masuk dalam program PKH, BPNT, Bantuan Sosial Tunai juga Pro Abes tidak berhak lagi dimasukkan dalam program ini termasuk pegawai negeri serta masyarakat yang di anggap mampu.

Disisi lain Kecik Faizan mengeluhkan dimana jumlah penduduk dan KK gampong Neuheun yang cukup besar, tercatat ada 3000 jumlah KK dimana ini sebuah jumlah yang sangat besar untuk sebuah gampong. Dan kami sangat kuatir serta dapat dipastikan dana desa tidak mampu untuk mencukupi program BLT DD ini, dimana sesuai arahan pusat program ini diharapkan berjalan selama 3 bulan dan setiap bulannya diberikan 600.000 setiap KK.

Rapat perivikasi tersebut berakhir pukul 03.30 wib menjelang sahur dan menghasilkan data sementara warga gampong neuheun yang berhak menerima BLT DD sejumlah 805 KK. Dana desa yang bisa dipakai saat ini 330.000.000 sedangkan untuk melaksanakan program ini selama satu bulan saja membutuhkan anggaran 483.000.000, berarti minus anggaran 153.000.000.

Dan jika program BLT DD ini dilaksanakan selama 3 bulan seperti yang diprogramkan pusat maka gampong neuheun membutuhkan biaya sejumlah 1.449.000.000. Dikurangi dana desa yang bisa dipakai 330.000.000, maka gampong neuheun kekurangan dana sejumlah 1.119.000.000. (redaksi)