PDAM Tirta Peusada Aceh Timur, Tingkatkan Pelayanan melalui  IPA  20  L/DT SPAM  IKK Pante  Bidari  

 

 

MMGN – ACEH TIMUR | PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.

 

Perusahaan Air Minum Daerah ( PDAM) Tirta Peusada Aceh Timur, terus meningkatkan Pelayanannya melalui Instalasi Pengolahan Air ( IPA ) dengan  kapasitas 20 liter perdetik, Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM), untuk distribusi dan Instalasi Kota Kecamatan ( IKK) Pante Bidari.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Perusahaan Air Minum ( PDAM ) Tirta Peusada Aceh Timur, Iskandar,SH, disela-sela waktunya saat ditemui awak MMGN, minggu 15/12/2019, saat berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air ( IPA), Lhok Nibong Pantee Bidari, menyampaikan bahwa dalam rangka untuk pelayanan, kita tingkatkan bermacam upaya, bagaimana supaya masyarakat percaya kepada PDAM, jadi kita pertama dari IPA, dari bawah dulu maupun peremajaan pipa termasuk pelanggan-pelanggan, dari situ kita berbenah ke PDAM secara internal, eksternal itu kita berbenah secara PDAM, sampai saat ini kita berbenah eksternal dan internal baru 30% sebutnya.

Iskandar menambahkan , IPA Lhok Nibong yang sedang dibangun baru  itu dengan kapasitas 20 LIter perdetik, anggaran tahun 2019 desember selesai , untuk penambahan kapasitas 20L/DT, dalam hal pembangunan IPA ini diawasi oleh konsultan juga.

 

Terkait bangunan – bangunan lama yang masih ada dan selama ini dipakai Iskandar menyampaikan bahwa bangunan Air tersebut umurnya telah memasuki usia 32 tahun lamanya, itu sedang kita lakukan pembenahan jadi yang mana tidak layak kita ganti, dan  ini sedang dikerjakan, Jenis – jenis bangunan baru IPA Lhok Nibong, seperti sumur Intake atau Intake Building, Water treatment Plant( WTP), adalah bangunan pertama pengolahan air bersih, paraset,  Reservoir adalah dimana  air yang telah diolah dimasukkan ketempat sementara, termasuk Pipa dan jalan yang dibantu oleh pihak rekanan.

 

 

Harapan saya selaku Direktur PDAM Tirta Peusada adalah bagi pelanggan atau Masyarakat itu harus menikmati air tersupply, dan yang sekarang IPA Lhok Nibong kita bantu untuk Kabupaten dan kedepan 2020, nantinya akan ada dari teumpeun.

Pelanggan PDAM Aceh Timur, saat ini tercatat 13.000, dengan IPA di Aceh Timur,  adalah Rantau selamat 20 Liter perdetik, Perlak 40 Liter perdetik, kedepan nantinya teumpeun ini belum 50 Liter perdetik, rencana menuju Ibu Kota Aceh Timur, Ranto Panjang  Perlak 10 Liter perdetik, tidak ada masalah, Peunaron 10 liter perdetik, Lhok Nibong Pante Bidari 100 liter Perdetik di tambah 20 liter perdetik.

 

Disamping itu,  Kepala Cabang PDAM Tirta Peusada  IPA Lhok Nibong Taufiq, sangat berharap kedepan dengan mengandalkan 20 liter perdetik ini, di IPA Lhok Nibong Pante Bidari ini normal dalam mendistribusi atau supplay Air ke pelanggan, dan disini ada 7.500 pelanggan, awak media menanyakan ada beberapa Desa sangat rawan air minum dalam kawasan IPA Lhok Nibong, Taufiq memjawab mudah-mudahan dapat tertanggulangi nantinya dengan 20 liter perdetik sebutnya.

 

Amatan awak media Beberapa bangunan lama dan bangunan baru terlihat sedang dikerjakan secara bersamaan oleh para  pekerja pada  IPA Lhok Nibong Pante Bidari, dan diharapkan 2020 nantinya para  pelanggan sudah dapat menikmati  air minum nantinya bagi kawasan tersebut, seperti dikutip dari Taufiq, Tutupnya. (Pon)