Pematangan lahan pasar modern kabupaten aceh singkil perlu dikaji ulang

 

Singkil – MMGN |Aceh singkil adalah wilayah yang kaya  akan SDA nya. yang di mana bisa kita lihat dari  hasil laut yang begitu melimpah, serta wisata alam nya yang sudah go internasional tidak bisa di pungkiri lagi jikalau  hal tersebut di tata dengan baik akan sangat memberikan kemajuan dan kesejahteraan khususnya untuk seluruh masyarakat aceh singkil.  Dalam hal ini Untuk menopang perekonomian masyarakat aceh singkil supaya berkelanjutan kearah yang lebih baik lagi dan masyarakat pun dapat bersaing di era revolusi 4.0 ini, mucul lah wacana pembangunan pasar modern di kabupaten aceh singkil. yang tentunya sangat berguna untuk masa  yang akan datang  karna seperti yang kita tahu kemajuan ataupun perputaran globalisasi akan sangat mempengaruhi siklus perekomian suatu Negara yang tentunya akan berdampak kepada suatu daerah.

Terkait lokasi penempatan pasar modern yang akan di bangun terjadi sedikit gesekan ataupun pro dan contra dari masyarakat serta aktivis  kabupaten aceh singkil, tentang tempat kecamatan  gunung meriah yang akan di jadikan lokasi pembangunan.   hal ini bukan tanpa alasan di mana nantinya apabila pasar modern ini akan di bangun seluruh masyarakat aceh singkil dapat merasakan dampak positive dengan adanya pasar tersebut.

Surya padli salah satu aktivis sekaligus ketua devisi kesenian dan kebudayaan himasil (himpunan mahasiswa aceh singkil) lhokseumawe mengatakan terkait tempat kecamatan gunung meriah yang akan di jadikan lokasi pasar modern. Itu  tidak relevan dan kurang strategis. Secara garis besar kalau kita bandingkan lokasi yang paling cocok untuk pembangunan tersebut adalah kecamatan singkil dari pada kecamatan gunung meriah, hal tersebut di karnakan kecamatan singkil masih sangat jauh tertinggal kemajuannya di bandingkan dengan kecamatan gunung meriah, tanpa di bangun pun gunung meriah akan maju dikarnakan pusat lintas dari singkil ke banda aceh dan medan. dengan di bangun nya pasar modern ini akan sangat membawa kemajuan dan perkembangan di kecamatan singkil tentunya akan berdampak baik untuk kemajuan kabupaten aceh singkil.

Secara garis teritorial penempatan pasar modern di kecamatan singkil sangat baik di karnakan dekat dengan pusat kota dan pelabuhan kapal pery di pastikan akan sangat mudah jikalau kita melakukan impor dan ekspor barang dengan daerah tetengga seperti nias dan sinabang dengan itu pelabuhan cpo singkil bisa diaktifkan dan  masyarakat pulau banyak akan sangat mudah menjual hasil laut dan kerajinan tangan mereka serta kecamatan lain seperti kuala baru juga akan sangat mudah dan merasa senang karna pasar modern tersebut bisa terjangkau lokasinya untuk menjual hasil bumi serta laut mereka.

Surya juga menambahkan pembangun pasar modern di kecamatan singkil akan sangat membuka peluang besar bagi kabupaten aceh singkil, selain dari lokasinya yang strategis pengenalan wisata lewat kerajianan tangan dari masyarakat seperti pulau banyak. akan sangat menarik pengujung yang datang ke pasar ketika hendak akan membeli sesuatu di pasar modern itu, untuk berkunjung ataupun berlibur ke wisata pulau banyak tersebut. belum lagi setelah pengaktipan pelabuhan cpo aceh singkil dapat di pastikan perekonomian kabupaten aceh singkil akan membaik di karnakan akan terjadi infor dan ekspor barang dengan daerah tetangga.

Ketika kita hendak melepaskan suatu daerah dari belenggu kemiskinan dan ketidaksejahteraan masyarakat, pemerintah harus memulai dari titik ataupun pusat dari kemiskinan tersebut apalagi itu tempat yang sangat strategis. Dengan SDA yang melimpah, kabupaten aceh Singkil sebenarnya tidak miskin  tapi kurang perhatian dan pengelolaan yang baik.