Pemdes Awe Seubal Akan Menyerahkan Rumah Yang Dibiayai Dari Dana Desa

 

 

Simeulue – MMGN I Pemerintah Desa Awe Seubal Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue, Aceh, merencanakan pada hari Senin atau Selasa ini, akan menyerahkan 1 (satu) unit rumah kepada Hasli Warga Dusun Datok Dagang Desa setempat.

 

Penyerahan pembangunan/rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi Rumah Layak Huni (RLH) kepada Hasli Warga Dusun Datok Dagang merupakan kepedulian desa, karena kondisi rumah yang ditempatinya dari selama ini sudah sangat memprihatinkan, disamping bangunan rumah terbuat dari batang kelapa, yaitu bantuan Pasca Gempa Bumi dan Gelombang Tsunami/Smong dari NGO GAA tahun 2006 lalu, juga posisi bangunan rumah terutama dari bagian samping badan rumah sudah mulai terancam dari Daerah Aliran Sungai (DAS) yang hanya tinggal lebih kurang 10 meter.

 

“Karena yang bersangkutan tergolong kelurga yang tidak mampu/miskin, maka melalui musyawarah desa akhirnya memutuskan, desa akan membantu biaya pembangunan rumah Semi Permanen, tipe 36 dan berlantai keramik yang sumber anggarannya menggunakan dana desa Tahun Anggaran 2019 lalu, sejumlah Rp. 75.521.200 dari Rp. 95.504.100 yang dianggarkan sebelumnya dan sisa dari anggaran tersebut, pihak pemerintah desa telah menyetorkan kembali ke kas desa melalui Bank Aceh Syari’ah Cabang Sinabang sebanyak Rp. 19.982.900,” jelas Kades Awe Seubal, Henni Abon Asmadi yang didampingi Ketua BPD Sulfan Amin kepada Media Mega Nusantara, Kamis (9/1/2020) malam.

 

Kepada donatur yang telah ikut berpartisipasi, kami selaku pimpinan pemerintah desa mengucapkan terimakasih atas sumbangsih untuk kebutuhan dan perlengkapan rumah tangga keluarga tersebut, semoga menjadi tambahan amal ibadah dikemudian hari, ucapnya.

 

Selain itu, Kades Henni Abon Asmadi juga mengatakan bahwa pada tahun anggaran 2020 ini, dari pihak pemerintah desa telah mewacanakan kembali menganggarkan sebahagian dana desa untuk pembangunan atau rehabilitasi rumah warga masyarakat yang tidak layak huni. (Us)