PEMERINTAH BERSAMA MASYARAKAT PAPUA HARUS SEGERA SELESAIKAN KEJADIAN DI WAMENA

Bireun – MMGN |Menanggapi isu dan kejadian di Wamena, Papua, terkait kerusuhan yang mengakibatkan sejawat kami para dokter meninggal dunia, Ketua PDIB Aceh yang juga Ketua IDI Cabang Bireuen dr. Purnama Setia Budi, SpOG meminta Pemerintah dan Warga Papua ikut andil bersikap mengamankan situasi yang meresahkan para petugas Medis disana.

Kejadian meninggalnya dr. Soeko harus menjadi perhatian kita bersama, mereka yang bertugas disana pasti memiliki mimpi besar terhadap tingkat kesehatan dan pelayanan kesehatan di tanah papua.

Sangat jarang dokter karena keinginannya sendiri untuk bertugas disana, dimana kami tahu bahwa dr. Soeko adalah salah satu dari sekian banyak dokter yang karena permintaanya dapat bertugas di papua sana.

Saya yakin beliau punya mimpi besar untuk kesehatan ditanah cenderwasih tersebut.

Bila hal ini terjadi kepada para dokter, maka yang akan muncul adalah ketakutan dan trauma bagi para dokter untuk dapat kembali bertugas disana, sehingga yang akan menjadi korban adalah anak-anak kita yang masih dan sangat memerlukan jabatan tangan para petugas kesehatan disana.

Kepentingan Para kelompok disana tidak boleh merusak Hak Asasi Rakyat lainnya disana, mereka masih butuh pelayanan kesehatan bagi dirinya dan keluarga, bahkan kami yakini para oknum kelompok yang menyebabkan kejadian tersebut juga masih memerlukan uluran tangan kami para Dokter.

Maka dari itu, kami berharap tidak hanya Pemerintah saja yang harus bertindak, masyarakat papua juga harus ikut andil menyelesaikan dan mengamankan situasi di papua, ingatlah jasa mereka para dokter bagi anak-anak kita, orang tua kita, para pemangku adat dan kita sendiri.

Dokter dan tenaga medis seharusnya tidak menjadi sasaran siapapun dan kelompok apapun, karena permasalahan ketidakpuasan hasrat rakyat disana terhadap Pemerintah tidak ada sangkut pautnya dengan kinerja kami para dokter yang diikat dengan sumpah kami.

Kami berharap agar kejadian menjadi peringatan keras bagi kita, dan seluruh Rakyat Indonesia harus ikut andil mengambil bagian menyelesaikan dan memberi pengamanan terbaik bagi para tenaga kesehatan disana.

Saya berharap agar kondisi di Papua seperti kondisi kami di Aceh saat ini, kita semua rasakan apa yang menjadi dosa masa lalu, tetapi kami Rakyat Aceh tidak ingin kembali lagi ke masa itu, saya rasakan keadaan dimana kondisi papua saat ini seperti kondisi di Aceh masa itu, tetapi cukuplah, biarkan anak-anak kita tidak tumbuh dengan situasi ketegangan, kerusuhan dan pengangkangan-pengangkangan Hak Asasi Manusia.

Biarlah urusan politik menjadi urusan mereka-mereka itu yang memiliki orientasi sendiri terkait situasi disana, tetapi jangan libatkan kami rakyat menjadi bagian pelampiasan konsep-konsep itu, karena kami bekerja keras setiap harinya untuk berupaya menyelamatkan setiap nyawa, dan tujuan kami agar setiap Rakyat Indonesia sehat sehingga terciptanya Sumber Daya Manusia yang sehat dan berdaya saing tinggi di tingkat Dunia.

Penulis : dr. Purnama Setia Budi, SpOG
Ketua Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu Wilayah Aceh dan Ketua IDI Cabang Bireuen