Pemkab Asel Kirim Peserta Diklat ke BBPLKB Medan.

MMGN – TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distranaker) mengirim peserta diklat  ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Berbasis Kompetensi (BBPLKB) Medan, Sumatera Utara.

Keberangkatan 11 peserta diklat ke Medan  tersebut dilepas oleh Sekretaris Distranaker Aceh Selatan Mursal SE, Sabtu (13/7/2019) malam. 

Sekretaris Distranaker Aceh Selatan Mursal dalam arahannya mengharapkan kepada para peserta harus betul – betul mengikuti pelatihan di BBPLKB Medan. 

“Karena hal ini merupakan pertama kalinya kita  mengirim peserta ke Medan, tolong jaga nama daerah kita baik – baik,” harapnya.

 Ia juga berpesan kepada para peserta agar jangan pulang sebelum kegiatan berakhir. Jika ini berhasil nantinya akan menjadi motivasi untuk pengiriman peserta selanjutnya.

“Tetapi kalau ini gagal, maka gagal pula pengiriman peserta selanjutnya. Maka itu pelatihan ini harus kita ikuti sampai berhasil,” pesannya. 

Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Distranaker H Ismiadi SH MH kepada Media MegaNusantara menjelaskan, sebanyak 11 orang  peserta ini hasil seleksi tes wawancara dan tertulis yang dilaksanakan sebelumnya.

“Dengan  rincian 4 orang jurusan barista (peracik minuman non alkohol), 4 orang pengelolaan perhotelan, dan 3 orang gaet ( pemandu wisata). Juga segera menyusul kita kirim peserta diklat jurusan bakhery sebanyak 3 orang,” jelasnya.

Ia menyatakan, tujuan pengiriman peserta diklat ke BBPLKB Medan dalam rangka membekali tenaga kerja Kabupaten Aceh Selatan untuk memperoleh keterampilan  berbasis kompetensi.

“Juga bertujuan untuk mengurangi angka pengaguran dan membuka peluang kesempatan kerja pada dunia usaha bagi pencari kerja dari tenaga kerja Aceh Selatan,” ucapnya.

Pengiriman peserta diklat dari Aceh Selatan ini terselenggara atas kerjasama Bidang Tenaga Kerja Kab. Aceh Selatan dengan BBPLKB Medan. Pelatihan akan berlangsung selama 30 hari.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini para tenaga kerja telah memiliki ketrampilan skil yang berprofesional untuk berpeluang kesempatan kerja. Kita juga berharap para peserta diklat ini agar bersungguh sungguh mengikuti pelatihan ini,” tutupnya. (MS).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *