Pemkab Asel Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H

Tapaktuan-MMGN

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H, berlangsung di halaman Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan, Senin (10/9/2018) malam.

Penyambutan tahun baru Islam bertema “Marilah Kita Tingkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT” menghadirkan penceramah dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr H. A. Mufakhir Muhammad MA.

Acara dihadiri Pj Bupati Aceh Selatan Dedy Yuswadi AP diwakili Sekdakab H Nasjuddin SH MM, unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, para kepala SKPK, tokoh adat, tokoh ulama, dan unsur Muspika Tapaktuan, serta ratusan masyarakat.

Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin dalam kata sambutannya menyampaikan, tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat, babak baru 1440 H pun menyongsong sebagai tanda.

“Bahwa kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk melakukan hijrah, berupaya untuk meninggalkan kebiasaan – kebiasaan yang kurang bermanfaat. Hijrah kepada hal yang bermanfaat dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Disebutkan, Al-Qur’an yang mulia memberi pengertian hijrah sebagai perpindahan seorang muslim dari kufur kepada iman, dari syirik kepada tauhid, dari kemunafikan kepada istiqamah, dan dari maksiat kepada taat, serta dari haram kepada halal.

“Subtansi hijrah adalah perpindahan total seorang muslim dari kehidupan menyimpang menuju kehidupan yang islami, penuh nilai iman, ketaqwaan dan amal shalih,” sebutnya.

Dr H.A. Mufakhir Muhammad MA dalam tausiyahnya diantaranya mengajak semua ummat Islam berhijrah dari meninggalkan perbuatan kurang baik menuju kepada perbuatan yang baik.

“Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh junjungan kita, Baginda Rasullullah Muhammad SAW. Alhamdulillah, masyarakat Aceh Selatan dan daerah lainnya di Aceh sangat antusias menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H ini,” tuturnya.

Sebelumnya, di hari yang sama, Senin pukul 14.00 WIB hingga selesai, digelar pawai takruf keliling kota Tapaktuan yang diikuti oleh siswa SD/MIN, SMP, dan SMA sederajat dengan memakai pakaian serba islami.

Kabag Kesra Setdakab Aceh Selatan Tgk Musanif SE, kepada Media wartawan mengatakan, pelaksanaan memperingati 1 Muharram 1440 H disambut antusias oleh masyarakat. Baik dari pelaksanaan pawai takruf siang tadi hingga malam ini.

“Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram merupakan agenda rutin Pemkab Aceh Selatan setiap tahunnya. Dengan adanya momen hijrah ini, semoga kita dapat merubah diri kita sendiri dari kebiasaan kurang bermanfaat menjadi bermanfaat,” tutupnya.(@)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *