Peringati HUT PGRI ke 74, Pemerintah Aceh Berikan Penghargaan Kepada Guru

 

Banda Aceh – MMGN | Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT diwakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri,HD, MPA menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan HUT PGRI ke 74 dan Hari Guru Nasional (HGN)  yang dilaksanakan, Minggu (8/12/2019) di Lapangan Mapolda Aceh.

Pada upacara yang dihadiri para guru dari seluruh jenjang pendidikan dan ASN jajaran Pemerintah Aceh serta unsur Forkopimda Aceh tersebut, Kadisdik Aceh Rachmat Fitri membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.

Dalam sambutannya, Kadisdik Aceh meminta para guru untuk melakukan perubahan kecil di kelas tanpa menunggu perintah. Sembari mengatakan perubahan kecil harus terus dilakukan agar pendidikan dapat terus berkembang.

“Guru harus mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar dan guru memberikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas,” ungkapnya.

Dia juga meminta guru dapat mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kela. Selain itu juga menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.

“Sesama guru juga harus menawarkan bantuan kepada guru lain yang sedang mengalami kesulitan. Guru, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit,” ungkapnya.

Selesai upacara, Pemerintah Aceh juga memberikan sejumlah penghargaan kepada para guru berdedikasi dan berintegritas pada saat melaksanakan tugasnya.

Ketiga guru yang menerima penghargaan itu yaitu  (Alm) Eliyan Ehda, S. Pd, guru mapel kimia di MA Darul Ulum Banda Aceh, lalu Irmansyah S. Pd, guru SDN Suka Makmur, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Singkil dan Marlia, S. Pd. I, seorang guru honorer di SMPN Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang.

Penghargaan itu diserahkan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD, yang mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, sebagai inspektur upacara pada peringatan HGN dan HUT PGRI ke 74 tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.