Perkenalkan Sadar Lalu Lintas Pada Anak-anak Warnai Peringatan Keselamatan Jalan Aceh 2018

Banda Aceh, Peringati Pekan Keselamatan Jalan Aceh 2018, Balai pengelola transportasi darat (BPTD) wilayah I provinsi Aceh perkenalkan Sadar Lalu Lintas untuk anak-anak usia dini diarena Car Free Day(CFD), Banda Aceh, Minggu (25/11/2018 kemarin-red).

Pekan Keselaman Jalan Aceh yang diperingati Dinas Perhubungan Aceh diarena CFD itu diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, turut diikuti oleh seratusan pelajar TK dan SD dari Kota Banda Aceh.

Kepala BPTD Wilayah I Aceh, Buang Turasno mengatakan, pihaknya pada mementum peringati HKJ 2018 dimanfaatkan untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang sadar lalu lintas sejak usia dini.

“Kita tanamkan kepada anak-anak tentang pentingnya keselamatan jalan sejak usia dini, karena kita ketahui bersama bahwa anak-anak yang paling rentan mengalami kecelakaan lalu lintas dijalan raya,” kata Kepala BPTD Wilayah I Aceh Buang Turasno, dikantornya senin (26/11/2018).

Dihadapan anak-anak, Buang Turasno juga berpesan kepada anak-anak untuk menjaga keselaman saat berlalu lintas dijalan raya, misalnya saat orang tua mengantar anak-anak kesekolah, anak-anak bisa mengingatkan orang tuanya untuk stop dilampu merah sampai dengan lampu hijau atau tidak menorobos lampu merah dan sebagainya, itu yang kita tanamkan pada anak-anak, terang Buang Turasno

Dikatakannya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada anak-anak, tentunya diperlukan contoh dari senior, orang tuanya, atau saudaranya. Orang tua harus memberikan contoh yang baik dalam menjaga keselaman lalu lintas kepada anak sejak usia dini., “Budayakan sadar lalu lintas kepada anak sejak usia dini” ujar kepalaa BPTD Aceh itu.

Ia menambahkan, Keselamatan jalan ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah yang memberikan regulator, tapi operator pemilik kendaraan umum juga masyarakat.

Kecalakaan itu selalu disebabkan oleh kesalahan manusia selaku penggunaan jalan, untuk itu orang tua diharapkan untuk tidak memberikan izin mengemudi kendaraan bermotor kepada anak-anak, dikarenakan emosional anak-anak itu belum stabil.

Selain itu, Buang Turasno juga mengatakan, BPTD-I Aceh akan segera Melauncing Komunitas SALUD (Sadar Lalu Lintas Usia Dini).

Diarena CFD kemarin, pihaknya juga mengadakan lomba mewarnai kepada anak-anak dan membagikan 100 helm dan 180 Kaos, 3 Sepeda dan Hadiah hiburan lainnya secara gratis.[]




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *