Posyandu lansia di Desa Lhok Meureu Aceh Timur, Cegah COVID-19

 

Aceh Timur – MMGN |Pemahaman dasar Posyandu ialah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Kegiatan posyandu merupakan perwujudan dari peran serta masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan mereka.

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu, yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia juga merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta lanjut usia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial (Kementerian Kesehatan, 2010).

Selanjutnya Keberadaan Posyandu sampai saat ini sangat dibutuhkan keberadaannya oleh para lansia yang berada di desa-desa terpencil seperti di salah satu kawasan yang berjarak dengan kota Aceh Timur yaitu di Desa Lhok Meureu kecamatan darul Ihsan.

Dimana para lansia didesa tersebut sangat butuh perhatian dari berbagai pihak termasuk pemerintah setempat.

Terkait kegiatan posyandu lansia yang dilaksanakan pada desa Lhok meureu yaitu kamis,25 /6/2020, Kepala Puskesmas Darul Ihsan Marmeam,S.Kep menyebutkan ke awak media, dalam hal pelaksanaan kegiatan posyandu lansia sebelumnya kami dipihak puskemas bersama pihak desa Lhok meureu terlebih dahulu telah sepakat mengadakan kegiatan ini yang berguna bagi masyarakat lansia

Marmeam mengungkap kegiatan ini sangat berguna untuk melindungi masyarakat yang berpotensi atau beresiko (COVID-19), dengan adanya posyandu, poswindu, posyandu lansia, itu kiranya masyarakat bisa paham serta mencegah dirinya agar jangan mudah terkena (COVOD-19), imbuhnya.

Berlangsungnya kegiatan posyandu lansia didesa Lhok meureu turut hadir 42 lansia perempuan, dibantu bidan desa serta dokter puskesmas dari kecamatan setempat, serta paramedis lain melakukan pengecekan administarasi termasuk pemeriksaan kesehatan bagi lansia.

Selesainya kegiatan posyandu lansia Marmeam berharap, agar semua desa lainnya ikut berperan seperti desa ini juga, serta kiranya sanggup tanggap bereh dalam hal Penanggulangan (COVID-19)sebutnya.