Pleno Rekapitulasi Suara Berjalan Lancar, Jujur, Adil, Sangat Transparan Dan Demokratis

MMGN – ACEH SELATAN – Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten di KIP Aceh Selatan kelar, Senin (6/5/2019).

Dalam rangkaian kegiatan Rekapitulasi yang dilaksanakan secara keseluruhan berjalan lancar, aman tanpa ada permasalahan.

Usai Rekapitulasi, sengenap saksi dari perwakilan pasangan calon Presiden, para saksi Partai Politik, petugas KIP, Panwaslih, beserta Kapolres dan Dandim Aceh Selatan melaksanakan Deklarasi.

Deklarasi menyatakan bahwa rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten Aceh Selatan berjalan tertib, jujur, adil, transparan dan demokratis.

Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi SE mengatakan, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Aceh Selatan dilaksanakan selama lima, hari mulai tanggal 2 – 6 Mei 2019.

Sampai kegiatan selesai, semuanya berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

Data rekapitulasi terdiri dari 18 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

“Setelah rekapitulasi selesai, hasil rekapitulasi akan disampaikan ke para saksi, juga kepada Panwaslih terkait dengan hasil Pemilu 2019 tersebut. 

Kemudian dikirimkan ke KIP Provinsi Aceh. Pengiriman dilakukan dengan pengawalan petugas kepolisian dari Polres Aceh Selatan,” ucapnya Saiful pada MMGN, di Rumoh Agam Tapaktuan.

Saiful menambahkan, untuk saat ini belum pada tahap penetapan calon terpilih melainkan pada hasil suara. Nantinya akan dilakukan secara Nasional hasil Pemilu itu ditetapkan oleh KPU RI, baru dilakukan penetapan calon terpilih dan perolehan kursi,” ujar Saiful Bismi.

Sementara itu, ketua Partai PKPI Aceh Selatan, Zamzami ST mengatakan, kami peserta dan penyelenggara Pemilu 2019 di Kabupaten Aceh Selatan, yang mana  pemilu 2019 di Kabupaten Aceh Selatan sudah selesai dilaksanakan dengan aman, damai dan lancar.

Kemudian, lanjut Zamzami, mari kita bersama – sama menjaga persatuan dan persaudaraan kita. Pilihan boleh beda, geutanyo meusyedara,” kata Zamzami. 

Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, ST mengatakan, Pemilu serentak untuk wilayah hukum Polres Aceh Selatan berjalan aman dan kondudif.

“Kapolres juga mengucapkan terima kasih pada TNI, seluruhnya karena partisipasi semua sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 di Aceh Selatan bisa berlangsung dengan aman dan kondusif,” 

Kapolres menambahkan, semua saksi juga sudah sepakat hasil keputusan KIP Aceh Selatan. Namun, untuk  pengamanan tetap dilakukan hingga tahapan proses Pemilu selesai. Kami tetap sesuai SOP untuk pengawalan dengan TNI sampai tuntas,” kata Kapolres Dedy.  (MS)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *