Respon Cepat Dinas Sosial  Aceh Timur, Terhadap Lansia Terlantar, di Gampong Tanjong Minjei   

 

MMGN – ACEH TIMUR TIMUR | Kepala Dinas Sosial Elfiandi,S.PI, didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Iskandar,S.Kom, bergerak secara cepat ke GampongTanjong Minjei, untuk mengunjungi Hermansyah Musa ( 65) tahun, berstatus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS) jenis lanjut usia (Lansia) terlantar, kamis,21/11/2019.

 

Pada kesempatannya Beliau  menyampaikan bahwa kedatangan kami kemari, terkait  program PMKS jenis lansia terlantar diKecamatan Madat, tepatnya di Gampong Tanjong Minjei, ternyata lebih dari yang kami bayangkan, tidur dipinggir jalan, dalam sebuah tenda, dan kami ingin beliau merujuk ke Rumah Sakit, untuk cek kondisinya, dan seterusnya kita akan bawa ke panti jompo Banda Aceh.

 

Harapan saya kepada Aparatur Desa, maupun Kecamatan, agar lebih aktif mendata para lansia dan disabilitas yang belum tertangani oleh Pemerintah, dan kita tidak tau kalau belum sampai adanya informasi ke pihak kita, dan dari Pihak Desa maupun Kecamatan.

 

Elfiandi, menambahkan dengan adanya dana Desa, bisa juga untuk manyandang bagi disabilitas maupun lansia dan sejenisnya terkait program PMKS, diperbolehkan, itu kan kebutuhan pokok ya, untuk ditanggapi tuturnya.

 

Pada acara kunjungan program PMKS di Tanjong Minjei tersebut,  turut  didampingi Ketua Forum CSR Aceh Timur, Pihak Kecamatan Madat, TKSK,PKH, Pihak Puskesmas, Aparatur Desa dan unsur terpenting lainnya.

 

Ketua Forum CSR Aceh Timur,  Tami Muhammad Reza,SE, menyampaikan bahwa dari sisi kami, disini setelah kita lihat kenyataannya ada kondisi sosial yang kurang terpantau, disinilah contoh bagi perusahaan -perusahaan yang ada di Kabupaten Aceh Timur.

 

Saya selaku Ketua Forum CSR Aceh Timur, sangat mengharapkan dari pihak – pihak Coorporate  diAceh Timur, untuk turut peduli bagi Masyarakat, apa lagi di Ring1, Perusahaan peduli terhadap kondisi sosial kesehatan masyarakat,  dan kita akan mengkoordinir seluruh Coorporate di Aceh Timur, untuk peduli masalah sosial lansia dan disabilitas ini. Tutupnya.

 

Berakhirnya acara kunjungan di Desa tersebut, Pihak Dinas Sosial Aceh Timur, menyerahkan bahan sembako dan pakaian, sebagai bantuan sementara, yang diserah terimakan langsung dari Kepala Dinas Sosial Elfiandi, S.PI,  kepada Lansia Hermansyah Musa,

selanjutnya setelah pihak medis memeriksa kondisi kesehatan Hermansyah, segera di evakuasi ke Rumah sakit.

 

Keuchik Gampong Tanjong Minjei, yang didampingi Perangkatnya, turut memberi penjelasan bahwa terkait lansia, bahwa selama ini Hermansyah Musa,  kami  bantu dan kami pedulikan secara bersama-sama, baik itu makan minum, dan lain-lainnya kami jaga bersama, malah Kepala Dusun Bahagia Ridwan bersama rekannya,  yang langsung mengechek setiap malam harinya, dan ini warga saya dalam keadaan sakit atau stroke ringan, karena tidak ada keluarga yang bertanggung jawab, maka dari pihak Pemerintah Gampong berharap, kepada Dinas maupun Pemerintah untuk menampung memfasilitasi pengobatan maupun peralatan, seperti panti jompo, atau kemana Dinas terkait memfasilitasi kesehatannya, dan membantu makan minum baginya. (Pon)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *