Roms 1,Adakan Pelatihan Kader AMPL Bersama Dinas Kabupaten Aceh Timur

MMGN – Aceh Timur |Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( Pamsimas ), untuk Kabupaten Aceh Timur, saat ini telah memasuki Tahap III, serta untuk keberlangsungan Program dimaksud, diperlukan Penguatan -penguatan dalam bentuk pengelolaan yang optimal melalui Kelompok Kerja Air Minum Penyehatan Lingkungan ( Pokja AMPL).

Melalui Regional Oversight Management Services (Roms 1, ) Pamsimas telah Menjalin kerjasama yang erat dengan Dinas Kabupaten Aceh Timur, seperti, DPMG, Bappeda, Dinas Kesehatan, termasuk DPMU, telah terciptanya keterpaduan di Lintas sektor, termasuk menyelenggarakan Acara hari ini yaitu” Pelatihan Penguatan Kapasitas bagi Kader AMPL yang dilaksanakan bersama – sama pada tanggal 10 September 2019, diadakan selama 2 hari bertempat Hotel Khalifah Idi Aceh Timur.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Darmawan, M. Ali, ST, MISD selaku Kepala Bappeda Aceh Timur, saat diwawancarai awak media, menyampaikan Kader Ampl merupakan Kelembagaan dari Program Pamsimas,
dengan adanya Kader Ampl diharapkan program Pansimas yang telah dibangun setahun setelah itu dapat difungsikan secara optimal di Gampong, sehingga Kader Ampl ini menjadi tokoh yang menggerakkan pemanfaatan, dan pengelolaan terhadap Pansimas, Kader Ampl ini bertugas juga sebagai Orang Pemerhati terhadap Air Minum dan Penyehatan Lingkungan di Gampong, jadi hari ini, kami menilai apa yang dilakukan oleh Roms I dan Kader Pendamping Pamsimas adalah untuk meningkatkan Kader Ampl yang ada di 19 Gampong, di Aceh Timur, agar mereka mengerti menjalankan tugas pemanfaatan Pamsimas yang telah dibangun, ini kita harapkan menjadi Perusahaan Daerah Air Minum Mini (Pdam ) mini di Gampong yang dapat dikelola secara terus menerus agar tidak mangkrak.

Adapun Kader Ampl dibentuk pada saat Desa tersebut sudah terpilih sebagai penerima Program Pamsimas,
di Aceh Timur, tahun 2019 sebanyak 15 Gampong tahun 2018 adalah 19 dan tahun 2017 lalu 4 Gampong.

Ebit Hamid selaku Distric Cordinator ( Dc), Aceh Timur, menyampaikan
“‘Harapan besar untuk Desa penerima manfaat Pamsimas (Desa Paska) harus ada iuran dari Masyarakat Sebagai Pemanfaat Air Pamsimas untuk biaya Operasional dan keberlanjutan sehingga sarana berfungsi dengan baik, ditingkat Gampong, untuk dilanjutkan dan dilaksanakan.

Acara yang diselenggarakan ini berasal dari Sumber dana PT. INERSIA Ampac Engginer
Harapan besarnya juga berupa dukungan dari Keuchik dan Aparatur Gampong untuk keberlanjutan sarana melalui alokasi dana Desa pintanya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *