SMA Unggul Darussalam Labuhanhaji Juarai Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum.  

 

MMGN – ACEH SELATAN – Siswa – siswi SMA Unggul Darussalam Labuhanhaji, atas nama Satria Abadi Siregar dan Zariti Aulia Hasbi meraih juara I lomba seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2019.

 

Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum diselenggarakan oleh Cabang  Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Selatan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Selatan.

Kegiatan yang diikuti 16 SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Selatan itu, berlangsung di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Selatan, Kecamatan Pasie Raja, Rabu (27/11/2019).

 

Sedangkan, di posisi kedua diraih oleh siswa – siswi SMA Swasta Insan Madani Meukek, dan di posisi ke tiga, siswa – siswi SMAN 1 Kota Bahagia.

 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Selatan Drs Adi Multa mengatakan, seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA/SMK se- Kabupaten Aceh Selatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran hukum bagi pelajar.

 

“Baik dalam lingkungan sekolah maupun ditengah – tengah masyarakat. Terutama menghindari pergaulan bebas dan narkoba, serta berbagai pelanggaran hukum lainnya,” jelasnya.

 

Ia menyebutkan, bahwa pelajar saat ini patut mendapatkan bimbingan norma hukum yang berlaku, untuk bekal mereka di lingkungan sekolah dan di tengah – tengah masyarakat.

 

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi serta pembinaan tugas – tugas Jaksa dalam memberikan informasi bahwa setiap warga negara taat dan patuh pada hukum,” ucapnya.

 

Sementara itu, Kajari Aceh Selatan Fajar Mufti SH MH melalui Kasi Datun RD Andri Firmansyah SH mengatakan, pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum merupakan tindak lanjut kegiatan Jaksa Saweu Sikula.

 

“Lomba ini sebagai salah satu sarana untuk menumbuh kembangkan pelajar sebagai pelopor dan menjadi contoh bagi rekan – rekannya agar taat pada peraturan hukum,” tuturnya.

 

Sistem penilaian juri, tambahnya, para siswa – siswi terlebih dahulu melakukan pemaparan motivasi dan yel – yel serta tanya jawab secara lisan.

 

“Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh Selatan yang terpilih, nantinya akan mengikuti ajang serupa di tingkat Provinsi Aceh,” imbuhnya. (MUS).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *