TERTIBKAN LALU LINTAS, DISHUB BERSAMA SATLANTAS POLRES ACEH SINGKIL LAKUKAN PEMERIKSAAN SURAT KENDARAAN

Aceh Singkil – MGGN I Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh SIngkil bersama Satlantas Polres Aceh Singkil melakukan penertiban terhadap kendaraan roda empat dan sosialisasi kelengkapan pengendara roda dua pada Selasa siang (11/12/2018).

Sesuai amanat UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 5 dinyatakan bahwa Negara bertanggung jawab atas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan pembinaannya dilaksanakan oleh Pemerintah, yang meliputi perencanaan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan
Hal ini dilakukan guna memeriksa kelengkapan angkutan umum dan barang.

Edi Hartono, Disnas Perhubungan Aceh Singkil mengatakan Kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam 3 bulan sekali di seputaran jalan Bahari Pulo Sarok oleh dishub Aceh Singkil dan kali ini yang terkahir di tahun 2018. Sebelumnya pihaknya juga telah melaksanakan di bulan Agustus lalu.

“ya kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam tiga bulan seklai dan ini yang terkahir, sebelumnya di bulan Agustus” tukasnya

Dalam razia tersebut terlihat ada angkutan barang terjaring. Mereka langsung diperiksa kelengkapan surat-surat oleh petugas.

Terkait hal ini, Edy menegaskan bahwa pihaknya bersama Satlantas Polres Aceh Singkil tidak melakukan penahanan terhadap kendaraan yang terjaring pemeriksaan kali ini namun hanya memberi pemahaman untuk melengkapi surat dan kelengkapan-kelengkapan kendaraan lainnya.

“kita melakukan pemeriksanaan terutama buku kir-nya yang mati atau harus diganti, dan pihak lantas sosialisasi kelengkapan kendaraan roda dua, kita tidak menahan” tegasnya

Namun begitu, tambah Edy, bagi kendaran yang sudah berulang kali disampaikan, pihaknya juga akan bertindak tegas untuk penegakan hukum yang berlaku.

“tapi jika sudah berulang-ulang kali, ya kita bersama satlantas wajib menertibkan” tambahnya (SI)