Tingginya Intensitas Curah Hujan di Aceh Barat Menyebabkan Sejumlah Kawasan di Daerah itu Terendam Banjir.

Meulaboh-MMGN|Luapan dengan ketinggian yang bervariasi. Air bah sungai dikabarkan sudah menggenangi sejumlah desa di beberapa kecamatan mulai dua hari yang lalu.

Hujan deras yang mengguyur daerah itu pada sebelumnya, sudah menimbulkan dampaknya di sejumlah kecamatan.

Dari data BPBD Aceh Barat, banjir sudah menggenangi pemukiman warga di enam kecamatan meliputi beberapa desa, pada hari Selasa dan Rabu (2/3/10) kemarin meski hanya beberapa jam air membanjiri pemukiman penduduk.

Meski air banjir di beberapa perdesaan dipastikan sudah mulai surut, tidak menutup kemungkinan banjir susulan akan kembali terjadi, mengingat hujan deras sampai dengan saat ini masih mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat terlebih air sungai yang terus meningkat.

Seperti Desa Pasie Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat yang hari ini beberapa rumah penduduknya terendam banjir susulan karena meluapnya air sungai yang berada dekat dengan desa itu.

Meski banjir sudah setinggi 50 sentimeter, tidak membuat warga banjir mengungsi, mereka memilih bertahan meski air sudah memasuki halaman rumahnya.

“Pagi tadi, kami mulai berenang dalam rumah, saat ini sepertinya sudah mulai surut walaupun pun hujan. Banjir ini, banjir susulan terjadi di desa kami,”kata seorang warga Pasie Leuhan, Aminah, Kamis (4/10/2018).

Dikatakannya, warga yang berdomisili di Pasie Leuhan, lebih memilih bertahan karena kondisi hujan terus mengguyur sehingga membuat masyarakat tertahan dan tidak bisa kemana-mana, banjir tersebut merupakan kali kedua genangan air merendam pemukiman desa mereka dalam kurun waktu tiga hari terakhir.

“Kami hanya bisa bertahan dirumah, karena tidak bisa kemana-mana. Kalau pun hendak minggat untuk mengungsi, ya harus berjalan kaki untuk menuju lokasi yang aman dan itu pun lokasinya sangat jauh,” ungkapnya.

Kepala Bidang Kedaduratan dan Logistik BPBD Aceh Barat, Maimun menyampaikan, saat ini pihaknya dalam status siaga karena banjir susulan kembali merendam sejumlah kawasan, terutama di kawasan yang rawan terjadi banjir.

“Ini banjir susulan, karena banjir yang terjadi pada Selasa dan Rabu sudah surut. Tadi malam banjir melanda Kecamatan Pante Ceureumen termasuk akses jalan lintasan Meulaboh-Banda Aceh ikut tergenang,” katanya.(rul)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *