Warga Serahkan Seekor Trenggiling Kepada BKSDA.

 

 

MMGN – TAPAKTUAN – Satria Saida Mulki warga Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan menemukan seekor Trenggiling (manis javanica) dipinggir jalan pegunungan Panorama Hatta, Rabu (15/1/2020).

 

Pada saat dirinya hendak pulang ke Tapaktuan dari arah Lhok Rukam dengan menggunakan Mobil Pick Up, lalu melihat seekor binatang yang tertatih – tatih hendak menyeberang jalan.

 

Awalnya saya mengira anak harimau, karena hewan itu warna kuning, namun begitu mendekatinya barulah tau bahwa itu seekor Trenggiling,” jelasnya.

 

Saat ditangkap, sambungnya, Trenggiling dalam keadaan lemas, kemudian mengambil karung yang ada didalam mobil untuk memasukkan satwa liar yang dilindungi ini. Setelah itu saya menghubungi salah satu petugas BKSDA untuk diamankan.

 

“Saya turut melindungi hewan ini, karena hewan ini dicari oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk diperjual belikan,” tutur Mulki yang akrab disapa Ogek.

 

Sementara itu, Wirli petugas BKSDA mengatakan, Trenggiling itu diperkirakan sudah berusia 1,5 tahun dan berjenis kelamin jantan. Kita akan periksa dulu kesehatan hewan ini, apabila tidak sakit nanti kita lepas liarkan kembali kehutan yang jauh dari pemukiman dan kebun masyarakat.” katanya.

 

Dari pihak BKSDA, lanjut Wirli, sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan salah seorang warga Tapaktuan, yaitu Ogek.

 

Penyerahan satwa liar berjenis Trenggiling seperti ini bukan kali pertama masyarakat Aceh Selatan menyerahkan kepada BKSDA Aceh Selatan.

 

“Kami selaku petugas BKSDA sangat mengapresiasi tindakan masyarakat yang secara sadar menyerahkan hewan yang dilindungi ini, artinya masyarakat Aceh Selatan turut berperan aktif dalam menjaga dan melindungi satwa liar,” ujarnya.

 

Penyerahan hewan tersebut kepada petugas BKSDA berlangsung di warung kopi Mulki (Ogek) yang berlokasi di RTH KEREN. (MUS)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *