ANGGOTA TUHA PEUT DESA ALUE JANGAT ACEH TIMUR ADAKAN PLENO PENETAPAN KETUA

 

Aceh Timur – MMGN | Darul Ihsan, Pemerintah Desa Alue Jangat Kecamatan Darul Ihsan Kabupaten Aceh Timur, adakan Pleno Tuha Peut, yang berlangsung di Meunasah Desa setempat, jum,at (2/7)

Adapun Jumlah Tuha Peut di desa Alue Jangat sebanyak 5 orang, sesuai dengan jenis type desa yaitu C.

Sebelumnya Desa ini telah melaksanakan pemilihan Tuha Peut, yaitu dibulan juni 2021, selanjut untuk melengkapi komposisi kepengurusan Ketua,Wakil Ketua, Sekretaris dan Anggota, sebagai data yang Valid segera diusulkan Ke Sekretariat (SETDAKAB) dalam hal proses Surat Keputusan(SK) Bupati Aceh Timur, maka perlu diadakan pleno oleh anggota tuha peut di desa setempat.

Berlangsungnya Acara pemilihan dimeunasah Desa Alue Jangat anggota tuha peut hadir semua, serta turut terundang Imum Mukim Keude Dua, beserta Kaur Mukim dan dibantu segenap Perangkat Desa.

Pada kesempatan yang sama Imum Mukim Keude Dua, Tgk Ismail memberikan arahan kepada para anggota tuha peut dan semua pihak yang hadir, bahwa untuk mempercepat kinerja Pemerintah Desa Alue Jangat di wilayah Kemukiman Keude Dua Kecamatan Darul Ihsan, perlu kiranya segera di pleno kepengurusannya dan komposisi untuk masa periode 2021-2025 secara pergantian antar waktu(PAW).

Saat Pencalonan Ketua Tuha Peut masing-masing anggota menyepakati siapa yang berhak menjadi Calon Ketua dan kemudian menghasilkan 2 kandidat sesuai Nomor urut, untuk nomor urut (1) Ridwan nomor urut(2) Eka Saputra, serta jumlah daftar pemilih sebanyak 5 orang berdasarkan dari keanggotaan Tuha Peut yang telah dipilih oleh masyarakat desa Alue Jangat.

Khairul Hadi mantan ketua Tuha Peut yang didampingi oleh Keuchik Alue Jangat Ismail, sempat memberi penjelasan, bahwa dalam rangka kinerja Pemerintahan desa alue Jangat secara lancar perlu diadakan pleno anggota Tuha peut yang bertujuan untuk menetapkan siapa yang akan menjadi ketua,

Khairul Hadi berharap Dengan nantinya terpilih ketua Tuha peut maka keseimbangan kinerja Pemerintahan Desa semakin Baik, apalagi sekarang Tuha peut telah menjadi lembaga pengawasan terkait Alokasi Dana Desa(ADD). Sebut Khairul Hadi.

Berakhirnya acara Pleno Tuha Peut Desa Alue Jangat, menghasilkan perolehan suara sebagai berikut, Ridwan Nomor urut(1) memperoleh 2 suara, Eka Saputra nomor urut(2) memperoleh 3 suara,

Maka untuk kepengurusan Tuha Peut Desa Alue Jangat ketua Tuha Peut terpilih atas Nama Eka Saputra, serta kepengurusan dan komposisi terbentuk sebagai berikut,

1. Eka Saputra terpilih sebagai Ketua.
2. Khairiani Rusli Sebagai Wakil Ketua.
3. Ridwan sebagai Sekretaris
4. Mahyuddin sebagai Anggota
5. Fathur Rahmi sebagai Anggota.

Berakhirnya Pleno Tuha Peut Dimeunasah setempat, Keuchik Gampong Alue Jangat mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepengurusan Tuha Peut sebelumnya, yaitu Sdr. Muhajir, Khairul Hadi, Muzakir, Abd. Halim, yang sebelumnya setia mendampingi , dan mengawasi Desa.

Adapun Pleno Tuha Peut Desa Alue jangat ini, adalah untuk melanjutkan kepengurusan dan komposisi pergantian antar waktu untuk periode 2021-2025 selama 5 tahun.

Setelah berita acara ini kita susun semua maka berkas maupun dokumen-dokumen terkait Pleno Tuha Peut segera kita bantu Usul ke Pihak Sekretariat Kabupaten (SETDAKAB) Aceh Timur melalui pihak Kecamatan yang disaksikan langsung oleh Imum Mukim Keude dua, tutup Ismail.