Dinas Pendidikan Dayah Aceh Timur, Adakan Pembinaan Bagi Santri Berprestasi

 

Aceh Timur – MMGN |Dinas Pendidikan Dayah Aceh Timur terus membina dan memberdayakan santri dan santriwati di wilayah itu. Hal itu dilakukan untuk meraih berbagai prestasi pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) baik di tingkat daerah, provinsi maupun di tingkat Nasional.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Timur Saiful Nahar, kepada Media Mega Nusantara, kamis,(8/4).

Berbagai kegiatan dan pembinaan yang dirancang untuk memberdayakan santri, santriwati yang berbakat diantaranya, untuk mengelar kegiatan rutinitis berbentuk ekstrakurikuler Sekolah Berbasis Dayah, Pembinaan santri Tafsir Bahasa Arab.

Selain itu juga dilakukan pembinaan atas 3 kelas Tafiz Al-Qur’an, Pembinaan Kaligrafi, Pembinaan Qari-Qariah semua untuk pembinaan santri berprestasi.

Saiful Nahar melanjutkan bahwa santri-santri ini semua berasal dari Dayah, Balai Pengajian, maupun TPA, untuk 20 titik lokasi atau kecamatan di Aceh Timur dan titik lokasi ini maupun perlokasi kita undang kemarin dan kita didik kesini yaitu ke gedung baru LPTQ sebuah lembaga dibawah dinas syariat Islam kita hanya pinjam pakai saja, seizin mereka. Ya, kalau kita booking hotel kita tidak sanggup menyediakan biaya yang begitu besar, alhamdulillah kita diaceh timur telah memiliki gedung LPTQ.

Terkait jumlah santri yang dibina saat ini pada LPTQ di Aceh Timur , Saiful Nahar menuturkan bahwa Qari qariah sejumlah 40 Santri , Tafiz 40 dan kaligrafi 30 santri, serta kita evaluasi 10 atau 6 hari setelah lebaran nanti kita lanjutkan lagi karena memasuki bulan suci ramadhan tutur saiful nahar.

Keberadaan Dinas Pendidikan Dayah Aceh Timur adalah memberikan bimbingan bagi bagi santri serta memanfaatkan Gedung LPTG bagi anak anak santri dalam rangka persiapan MTQ. Sebut Saiful Nahar