Pertahankan pemulihan klien, BNNP Aceh gelar Therapy Rawat Lanjut

Banda Aceh, Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol. Drs. Faisal A.N melalui Kabid Pasca Rehabilitasi Sayuti, M.Kes mengadakan Kegiatan Group Therapy I (Tahap I) Pelayanan Pasca Rehabilitasi Rawat Lanjut Tahun 2018 dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan keberhasilan pemulihan klien sehingga tidak terjadi relapse sehingga mampu membina dan membimbing klien dalam melaksanakan fungsi sosialnya ketika kembali ke keluarga dan masyarakat, Yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Maret 2018 di Rumah Damping BNNP Aceh.

kegiatan group terapy pertama dibuka sekaligus menjadi pemateri Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal A.N melalui Kabid Pasca Rehabilitasi Sayuti, M.Kes yang dihadiri oleh klien Rawat Lanjut

Sayuti, M.Kes materinya menyampaikan tujuan dari kegiatan layanan rawat lanjut tersebut untuk mempertahankan dan mengembangkan keberhasilan pemulihan klien sehingga tidak terjadi relapse sehingga mampu membina dan membimbing klien dalam melaksanakan fungsi sosialnya ketika kembali ke keluarga dan masyarakat sesuai dengan norma yang berlaku.

Sayuti juga menyampaikan Pemulihan adiksi merupakan proses jangka panjang dan seringkali membutuhkan beberapa episode terapi. Sebagaimana penyakit kronis lainnya, kambuh dapat terjadi selama atau setelah episode terapi yang berhasil.

Pecandu kadangkala membutuhkan terapi yang lama dan beberapa episode terapi untuk memperoleh kondisi abstinensia jangka panjang dan pulih secara penuh. Partisipasi dalam program Pascarehabilitasi setelah terapi rehabilitais sangat membantu dalam mempertahankan abstinensia.

Sayuti juga menyampaikan, untuk pemulihan klien tersebut butuh Peran serta keluarga dan lingkungan masyarakat dalam proses pemulihan fungsi sosial terhadap klien harus selalu sinergi. Setiap komponen masyarakat berperan aktif dalam membantu klien dalam mempertahankan abstinensia, agar tidak relaps kembali.

Pascarehabilitasi adalah tahapan akhir dari rangkaian proses pelayanan rehabilitasi yang berkesinambungan. Pelaksanaan Pascarehabilitasi merupakan layanan yang wajib dijalani oleh klien yang telah selesai menjalankan layanan terapi rehabilitasi.

Salah satu pendekatan dalam sistem pemulihan yang dilakukan oleh kelompok sehingga mereka dapat belajar menghadapi permasalahan kecanduan narkoba dan pemulihan.

BNNP Aceh akan terus memonitor perkembangan klien dan pendampingan menemani klien secara terus menerus dan berkelanjutan dalam mencapai perubahan, metode yang di lakukan ini dengan Teknik pelaksanaan pemantauan dilakukan dengan komunikasi via telepon dan hotline/media sosial.

Kemudian diakhir kegiatan dilakukan tanya jawab serta mengetahui perkembangan klien sampai sekarang.(rel)