Secara Live Streaming, Prajurit Kodim 0107/Asel Saksikan Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020.

 

MMGN – ACEH SELATAN – Prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan menyaksikan sekaligus mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2020 di Aula Makodim 0107/Aceh Selatan, Senin (1/6/2020).

Acara tersebut turut hadir Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang, Kasdim, para Perwira Staf serta seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0107/Aceh Selatan.

Dandim Sulistiya menyampaikan peringatan hari lahirnya Pancasila pada tahun 2020 ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena saat sekarang pandemi Covid-19 masih mewabah di tanah air.

“Kita tetap menerapkan anjuran protokol kesehatan, yang mana seluruh prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan baik di Makodim maupun di Koramil jajaran menyaksikan dan mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Ir. H. Joko Widodo dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila dengan hikmat,”ucapnya.

Sedikit mengutip pidato Presiden RI, sambung Dandim Sulistiya, peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2020 ini dengan mengangkat tema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”. Kita melaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, dan menguji pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan serta ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat dalam menghadapi semua ujian tersebut.

Rasa syukur kita bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakan kita semuanya dalam persatuan untuk mengatasi semua tantangan, dan menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi memperkokoh persaudaraan dan kegotong royongan untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

“Mari amalkan butir – butir Pancasila dalam kehidupan kita sehari – hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat, yakni cinta keluarga, cinta sesama, serta didalam interaksi sosial dengan selalu membawa semangat Pancasila,” ujarnya.

Usai menyaksiakan dan mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI, Dandim Sulistiya mengucapkan selamat Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2020, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit Kodim yang telah menyaksikan dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden pada peringatan hari ini.

Selain di Makodim, acara tersebut juga digelar di seluruh jajaran Koramil secara Visual/Live Streaming.(MUS)