Sungai Meluap Rumah Warga Terpaksa di Bongkar  

 

MMGN – ACEH SELATAN – Satu rumah warga berada dibibir sungai, terpaksa di bongkar akibat sungai Mokap di Kabupaten Aceh Selatan meluap karena hujan terus mengguyur.

 

“Warga takut rumahnya hanyut terbawa arus air sungai, karena sudah mendekati bibir sungai,” ujar Muriadi S (Camat Kluet Timur) kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

 

Ia mengatakan, pemilik satu rumah tersebut yaitu, Marsudin (65) yang berada di daerah aliran sungai Mokap dusun Tapak Aulia, Gampong Lawe Cimanok, kecamatan Kluet Timur. Pembongkaran dilakukan oleh warga bersama – sama dengan anggota Koramil dan Polsek setempat.

“Kejadian ini, kita terus berupaya melakukan pendekatan atau koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Dinas terkait untuk mengatasi hal ini,” katanya.

 

Jika hujan terus mengguyur di wilayah Kluet Raya, maka sungai Mokap di Gampong Lawe Cimanok, Kecamatan Kluet Timur akan meluap. Setidaknya akan mengancam empat rumah warga, gedung Sekolah Dasar (SD) dan Polindes,” ucapnya

 

Camat Muriadi berharap kepada Pemerintah dan Dinas terkait untuk dapat segera mungkin melakukan tindakan. Dan sangat mengharapkan juga pemasangan tanggul.

 

“Bila tidak dilakukan pemasangan tanggul di aliran sungai, maka luapan sungai Mokap terus terjadi dan semakin luas,” harapnya.

 

Sementara itu, Muswandi ketua Konsorsium Hutan dan Sungai Aceh (KHAS) kabupaten Aceh Selatan mengatakan, hal ini sangat memprihatinkan karena kondisi tersebut sangat menimbulkan keresahan warga setempat.

 

Selain itu, bagi murid dan dewan guru juga terganggu dalam proses belajar mengajar, begitu juga dalam pelayanan kesehatan di Polindes.

 

“Untuk itu perlu penanganan serius dan maksimal dari Pemerintah atau Dinas terkait agar tidak terulang lagi hal yang serupa,” pungkasnya. (MUS)