Wabup Tgk Amran Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji.

MMGN – TAPAKTUAN – Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh Selatan tahun 2019, berlangsung di Mesjid Istiqamah Tapaktuan, Rabu (31/7/2019).

Acara tersebut turut dihadiri Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST, Dandim 0107/Asel Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB, para Asisten, para Kepala SKPK, dan para famili CJH.

Wabup Aceh Selatan Tgk Amran dalam kata sambutannya mengatakan, ibadah haji merupakan ibadah mulia yang hanya diperuntukkan bagi orang yang secara finansial mampu untuk melaksanakannya.

“Tak terkecuali, jumlah penduduk di Aceh umumnya dan Aceh Selatan khususnya  pada tahun ini. Alhamdulilah Kabupaten Aceh Selatan akan memberangkatkan CJH  sejumlah  131 jamaah pada kloter 10  ditambah  11 jamaah kloter 12  Embarkasi  Sultan Iskandar Muda  Aceh,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah ummat Islam yang telah mendaftar sebagai calon jamaah haji sudah melebihi quota haji dari  sejumlah kabupaten/kota di Aceh,  sehingga harus menunggu antrian bertahun – tahun dan untuk Aceh Selatan dengan quota lebih kurang seratus orang lebih pertahun.

“Dengan daftar tunggu sudah mencapai ribuan orang dan harus menunggu puluhan tahun kedepan agar dapat melaksanakan ibadah rukun Islam kelima ini,” ucapnya.

Ia menyampaikan kepada seluruh  jamaah calon haji kloter 10 dan 12 embarkasi Sultan Iskandar Muda Aceh, yang terdiri jamaah calon haji dari kota Lhokseumawe, Aceh Selatan dan Simeulue untuk menggunakan kesempatan berhaji ini dengan sebaik-baiknya.

“Karena peluang haji untuk tahun – tahun berikutnya semakin sulit, mengingat banyaknya calon haji pada daftar tunggu. Kami sangat yakin semua jamaah calon haji Kabupaten Aceh Selatan bisa melaksanakan itu semua karena sudah mengikuti manasik haji sebelumnya,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup atas nama Pemkab Aceh Selatan berharap kepada jamaah calon haji khususnya  Aceh Selatan, agar ketika berada ditempat-tempat maqbulnya do’a, dapat mendoakan daerah dan masyarakat.

“Sehingga terhindar dari bencana, serta terjaganya perdamaian dan meningkatnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, sehingga program-program pembangunan yang  telah dan yang akan dilakukan dapat berlangsung dengan sukses dan lancar,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Aceh Selatan, Rislizar Nas S. Ag menjelaskan, CJH Aceh Selatan berjumlah 142 orang dengan kelompok terbang (kloter) dibagi dua, yaitu kloter 10 dengan jumlah jamaah 131 orang, dan kloter 12 berjumlah 11 orang.

Jamaah laki – laki pada kloter 10 berjumlah 51 orang, sedangkan yang perempuan dengan jumlah jamaah 80 orang. Untuk kloter 12, jamaah laki – laki berjumlah 4 orang, sedang yang perempuan berjumlah 7 orang.

Adapun JCH tertua atas nama Abas Dogek Muhammad  (92), beralamat di Bakongan dengan kelompok terbang (kloter) 12. Sedangkan JCH termuda atas nama Cut Nura Fariga (24), anak   HT Sama Indra SH, beralamat Kec. Meukek dengan kloter 10.

Jadwal masuk Asrama Haji Embarkasi Aceh kloter 10 pada Kamis, 1 Agustus 2019, pukul 08.00 WIB. Dan berangkat ke Arab Saudi  (tek off) pada Jum’at, 2 Agustus 2019, pukul 06.40 WIB. Tempat pemondokan Makkah, Makhtaf nomor 13 wilayah Syisyah  2, nomor sektor 2 dengan nama Hotel Mujian Al Noor.

“Sedangkan masuk Asrama Haji Embarkasi Aceh kloter  12 pada hari Sabtu, 3 Agustus 2019, pukul 11.00 WIB, dan berangkat ke Arab Saudi pada Minggu, 4 Agustus 2019, pukul 10.55 WIB. Tempat pemondokan Makkah, Makhtaf nomor 18, wilayah Syisyah 2, nomor sektor 2,” jelasnya. (MS)